BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Sempat Terhenti Akibat Pandemi,SIG GHoPO Tuban Kembali Laksanakan Bimbingan Manasik Haji

 

 

KIM Ronggolaewe – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban secara rutin setiap tahun menyelenggarakan kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH), khususnya di wilayah Kabupaten Tuban.

Sempat jeda waktu selama 2 tahun di masa pandemi Covid 19, pada tahun 2023 ini juga tetap diikuti oleh Calon Jamaah Haji dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban dan pelaksanaannya bertempat di Graha Sandiya, Komplek Perdin SG, Desa Sumurgung Kecamatan Tuban. Bagi peserta yang berdomisili jauh dari lokasi kegiatan, perusahaan juga menyediakan kendaraan antar jemput di beberapa wilayah kecamatan, namun banyak pula peserta yang hadir dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji ini, dibagi menjadi 5 tahap, yaitu pertama di tanggal 15 Februari 2023 calon jamaah haji akan mendapatkan pengetahuan terkait serba serbi haji oleh  KH. Sholahuddin Fatawi dari Lasem, Jawa Tengah, tahap berikutnya pada 22 Februari 2023 disampaikan materi mengenai thoharoh, sholat jama’ qosor oleh KH. Jauhari Fahmi dari, Senori, Tuban. kemudian  tanggal 1 Maret 2023 materi perihal haji tamattu’ dengan pembicara KH. M. Achmad Ainul Yakin dari Kingking, Tuban, dilanjutkan pada tahap keempat yang dilaksanakan tanggal 8 Maret 2023 dengan materi tentang hikmah haji oleh KH. Muadz Thohir dari Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah. 

Selain keempat tahapan teori di atas, di tahap kelima atau terakhir, Calon Jamaah Haji melakukan praktek haji tamattu’ yang diadakan di tanggal 14 Mei 2023 masih di dalam area Perdin SG.

Dalam sambutannya EVP of Plant Operasional SIG GHoPO Tuban, Subhan, SE., Ak., MM.,CA, saat membuka kegiatan menjelaskan bahwa pemantapan bimbingan manasik haji ini merupakan kerjasama SIG dengan Kemenag Tuban, dan setiap tahun rutin dilaksanakan. Hal ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Tuban dan dalam hal ini untuk kegiatan keagamaan.

Di kesempatan tersebut Subhan mengajak seluruh calon jamaah haji dari Kabupaten Tuban untuk bersama-sama berdo’a agar diberikan kelancaran selama melaksanakan ibadah haji mulai dari Tanah Air, selama di Tanah Suci Makkah hingga kembali lagi ke rumah masing-masing dan menjadi haji yang mabrur. “Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaraan dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci nanti,” harapnya.

Subhan juga berharap kepada seluruh calon jamaah haji saat di Tanah Suci nanti untuk turut mendoakan perusahaan agar diberikan kelancaran dalam operasionalnya, sehingga perusahaan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat sekitarnya.

“Kami berharap para calon jamaah haji juga menyelipkan doa untuk SIG agar tetap unggul menghadapi segala tantangan di era industri persemenan yang semakin kompetitif ini, agar dapat meningkatkan pula kontribusi positif kepada masyarakat sekitarnya,”  ujar Subhan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Drs. Munir, M.Hum menyampaikan banyak terima kasih kepada SIG yang telah rutin setiap tahunnya berkolaborasi dengan Kemenag Kabupaten Tuban menyelenggarakan manasik haji.

 

“Kita semua harus berterimakasih kepada perusahaan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga, nantinya para jamaah calon haji bisa lebih memahami apa saja yang harus dilaksanakan saat di tanah suci nanti,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Munir juga mengajak kepada calon jamaah haji untuk bersyukur. Pasalnya, Calon Jamaah Haji di Kabupaten Tuban terbilang cukup istimewa, karena selain mendapatkan bimbingan dari Kemenag juga mendapatkan dukungan dari perusahaan. [*/AM]

 

Related Articles

Back to top button