BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKANPERISTIWA

BNNK Gelar Audisi Duta Anti Narkoba 2023

 

KIM Ronggolawe – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban menggelar seleksi Duta Anti Narkoba 2023, di lantai 3 RH Ronggolawe Setda Tuban, Rabu (10/05).

Seleksi yang diikuti sedikitnya 113 peserta dari SMA, SMK, MA se- Kabupaten Tuban itu merupakan even tahunan yang diselenggarakan BNNK Tuban.

Kepala BNNK Tuban, Tri Tjahyono dalam keterangannya menyampaikan, kegiatan ini sebenarnya rutin tahunan diselenggarakan, namun karena tahun lalu masih pandemi jadi baru dilaksanakan lagi tahun ini.

“Maksud dan tujuannya mencari dan menyalurkan bakat mereka serta menjadikan mereka peer educatior atau pendidikan teman sebaya,” ujarnya.

Hal itu, terang Tri guna menyampaikan pesan atau upaya pencegahan dikalangan pelajar sendiri dengan versi dan cara mereka.

“Generasi remaja saat ini adalah hal yang unik, sehingga perlu diberikan sebuah edukasi yang berbeda dengan membuat challenge Duta Anti Narkoba agar lebih kreatif dan inovatif,” timpal pria berkaca mata itu.

Harapannya, mereka dapat menjadi peer educator dan kepanjangan tangan BNN. Mudah-mudahan dapat menjadi contoh, figur dan teladan bagi sesama serta dapat menyampaikan pesan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dikalangan mereka sendiri.

Sementara itu, Penyuluh Narkoba Ahli Pertama pada BNNK Tuban, Novi Eva Efiana menambahkan, pemilihan Duta Anti Narkoba 2023 ini dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional 2023.

“Tahun ini kami ambil target lingkungan pendidikan SMA, SMK, MA dengan usia 15 hingga 18 tahun,” ucap Novi.

Adapun tahapannya, ia terangkan sejak diumumkan oleh BNNK, antusias pendaftar sedikitnya 113 peserta berpartisipasi yang kemudian mengikuti tahap selanjutnya.

“Hari ini mereka semua mengikuti audisi dengan tahap tes fisik, tes tulis online, dan akan dipilih menjadi 50 peserta untuk mengikuti tahap tes wawancara,” sambung dia.

Tes wawancara itu, masih kata Novi meliputi tes wawasan kebangsaan, tes P4GN, dan tes minat bakat.

“Usai tahapan itu, akan dipilih 20 terbaik Duta Anti Narkoba yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan,” timpalnya.

Dan 20 peserta terbaik itu, terang Novi akan memasuki tahap karantina untuk mengikuti Grand Final Duta Anti Narkoba 2023 yang rencananya dilaksanakan pada 24 Juni 2023, di pendopo Krido Manunggal Tuban.

Diharapkan oleh Novi, para peserta yang mengikuti audisi Duta Anti Narkoba 2023 dapat menjadi penggiat dan kepanjangan tangan BNNK di lingkungan pendidikan. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button