BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

Kuliah Umum OK OCE Tandai Pengukuhan Mahasiswa Baru Unirow Tuban

 

KIM Ronggolawe – Inaugurasi merupakan kegiatan penutupan serta pengukuhan mahasiswa baru Unirow Tuban yang telah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas PGRI Ronggolawe Tuban mulai dari hari Rabu tanggal 13 September 2023 hingga hari ini, dimana kegiatan ini terdapat kuliah umum OK OCE serta menampilkan penampilan-penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang terdiri dari berbagai macam background organisasi kemahasiswaan serta penampilan dari komunitas Stand Up Komedi Tuban. Selain untuk menghibur para mahasiswa baru, disini juga menjadi tempat bagi para anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) mengenalkan organisasi kemahasiswaan tersebut kepada para mahasiswa baru. (Sabtu, 16/09)

Sebelum pengukuhan mahasiswa baru terdapat kuliah umum dari OK OCE yang seharusnya disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yaitu Dr. H. Sandiaga Salahuddim Uno, B.B.A., M.B.A akan tetapi karena berhalangan hadir beliau hanya bisa memberikan sambutan secara virtual untuk menyambut mahasiswa baru Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Pada sambutannya beliau menyampaikan apresiasi atas diadakannya kegiatan PKKMB yang dilaksanakan oleh Unirow Tuban.

“Salah satu indikator IPM ada tingkat pendidikan, pendidikan dapat dirumuskan lingkungan yang kaya pengalaman yang bersifat humanis namun juga fleksibel. Sehingga dapat mengembangkan potensi-potensi diri yang dimiliki agar mampu mengahadapi tantangan masa depan. Saya Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengucapkan Selamat dan Sukses atas diadakannya Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unirow Tuban dengan tema Aktualisasi Potensi Mahasiswa Yang Humanis, Visioner, dan Berdaya Saing Global.” Ucap Sandiaga Uno.

Pada kuliah umum ini diwakili oleh Septyana Fajari Kusuma atau yang memiliki nama panggung Tyana Irakusuma atau biasa dipanggil Bu Tia yang merupakan salah satu pengurus dari OK OCE Indonesia sebagai Manager Kerjasama Kampus. Pada kuliah umum ini beliau menjelaskan terkait OK OCE dan juga terkait entrepreneurship. Pada penjelasan tersebut OK OCE merupakan Bangunan Gerakan Sosial Penciptaan Lapangan Kerja OK OCE yang berawal dari sharing para founder OK OCE maka dibuatlah model sebuah gerakan bangunan penciptaan lapangan kerja OK OCE Indonesia.

Dapat digaris bawahi bahwa OK OCE adalah gerakan sosial yang yang bertujuan dalam penciptaan lapangan kerja khususnya untuk masyarakat Indonesia. Pada OK OCE ini terdiri dari 3 lapisan diantaranya yaitu lapisan sosial, pada lapisan sosial ini terdapat 4 komponen yang pertama terdiri dari membangun sebuah kurikulum 7 TOP singkatan dari 7 tahapan OK OCE Prima yang mana kurikulum ini diadaptasi dari Program Envoy dari Mien R Uno Foundation yang telah berjalan sebelumnya sejak tahun 2000 dan terbukti sukses dalam menumbuhkembangkan kewirausahaan.

Program ENVOY yang terdiri dari 5 komponen yakni rerutmen dan seleksi, pelatihan, pendampingan, pemasaran, pencatatan keuangan diadaptasi dalam 7 TOP. 7 TOP terdiri atas pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, Pemasaran, pelaporan keuangan, serta akses permodalan. Komponen yang kedua adalah merk OK OCE, nama OK OCE telah memperoleh hak paten atas penggunaan merk OK OCE ini akan memperluas pemasaran dan menjadi salah satu sumber pendanaan gerakan sosial OK OCE.

Komponen yang ketiga adalah dewan akurasi, yang diketuai oleh Indra Uno serta beranggotakan para pakar di bidangnya masing-masing. Dewan kurasi masuk pada sistem manajemen mutu OK OCE, untuk memastikan produk yang menggunakan nama OK OCE memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan. [*/AM]

 

Related Articles

Back to top button