BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERTANIAN

36 Petani di Merakurak Dapat Bantuan Kambing Dari PT.SIG Tuban

 

KIM Ronggolawe – Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban menyalurkan bantuan berupa hewan kambing sebanyak 36 ekor kepada masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Taruna Tani Desa Sumberejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Dalam proses penyerahan bantuan tersebut di SDN Sumberejo, Senin (06/11), dihadiri oleh Kepala Desa Sumberejo, Amri Maruf, Community Development Officer SIG Pabrik Tuban, Luksono, Koordinator Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Merpati Kecamatan Merakurak, Muhammad Dasam dan 36 orang petani sebagai penerima bantuan.

Koordinator FMK Merpati, Muhammad Dasam mengatakan bahwa bantuan program ini dialokasikan untuk daerah diluar ring 1 dari SIG Pabrik Tuban. Namun, kecamatannya masih dalam area wilayah pengembangan perusahaan. Sehingga, bantuan ternak untuk masyarakat Desa Sumberejo tersebut merupakan alokasi dari FMK kecamatan.

“Di Kecamatan Merakurak terdiri dari 19 desa, terdapat 6 desa yang tidak termasuk ring 1 SIG Pabrik Tuban. Sehingga, 6 desa ini tetap mendapatkan bantuan program CSR dari perusahaan yang dilewatkan melalui FMK kecamatan. Alokasi bantuan melalui FMK Kecamatan Merakurak tersebut bergilir tiap tahunnya untuk tiga desa, sehingga desa yang tidak termasuk ring ini harus bergilir untuk mendapatkan program CSR” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberejo, Amri Ma’ruf, mengucapkan terima kasih kepada SIG yang telah memberikan bantuan kambing kepada kelompok tani di desa yang dia pimpin.

“Saya atas nama masyarakat Desa Sumberjo mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah memperhatikan kita, walaupun desa kita bukan termasuk wilayah operasional perusahaan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Amri juga berpesan kepada masyarakat penerima bantuan kambing, agar merawat ternaknya dengan baik. Dengan begitu diharapkan kambingnya dapat beranak pinak.

“Saya berpesan kepada bapak ibu untuk tidak menjual kambing ini sebelum benar-benar berkembang menjadi banyak,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Community Devlopment Officer SIG Pabrik Tuban, Luksono, juga berharap masyarakat penerima program CSR berupa kambing itu dapat merawat dengan baik. Harapannya, dapat cepat berkembang biak dan dikembangkan, sehingga mampu menambah pendapatan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap bantuan ternak dari perusahaan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Kami melihat masyarakat Desa Sumberejo ini mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, sejalan dengan itu bantuan ternak ini sekaligus dapat mendukung potensi yang ada,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Luksono juga berharap dukungan dari masyarakat demi kelancaran operasional SIG agar semakin jaya untuk dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat di sekitarnya. [*/AM]

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button