BERITA KIM RONGGOLAWEHIBURANPENDIDIKAN

Job Fair MKKS SMK Swasta Kabupaten Tuban Diserbu Pengunjung

 

KIM Ronggolawe -MKKS SMK Swasta Kabupaten Tuban telah sukses menyelenggarakan kegiatan Job Fair dan pameran produk unggulan yang ditempatkan di SMK Sunnatunnur Kecamatan Senori.

Tak hanya itu, panitia job fair SMK Pusat Keunggulan (PK) SMK Swasta Kabupaten Tuban juga menggelar workshop peningkatan kinerja BKK.

Ketua Panitia Job Fair, Ahmad Zainul Ashyar mengatakan, meski acara ini diselenggarakan sehari penuh, tetapi banyak pengunjung yang berdatangan. Tak hanya siswa dari kecamatan pinggiran, tetapi siswa yang bersekolah di wilayah kota turut hadir.

“Alhamdulillah acara job fair berlangsung sukses dan banyak pengunjung berdatangan,” kata Gus Zen sapaan akrabnya ketua panitia saat dikonfirmasi pada Minggu (05/11).

Melihat meriahnya acara membuktikan bahwa SMK telah bersama-sama berdaya. Selain itu, melalui job fair ini artinya SMK tak hanya butuh bantuan saja, tetapi juga rajin membantu. Disisi lain, dengan kegiatan ini bisa mengantarkan lulusan SMK masuk ke dunia kerja.

“Pada intinya harapan kami para kelas XII ini setelah lulus sudah tidak bingung lagi mencari pekerjaan. Sehingga, para alumni ini memiliki masa depan yang cerah,” paparnya.

Selanjutnya, dalam job fair ini panitia telah menyiapkan berbagai stand. Ada pula stand perusahaan yang tentunya sudah bekerjasama dengan SMK Swasta di Kabupaten Tuban. Mulai job fair produk unggulan milik SMK masing-masing atau MKKS, expo perguruan tinggi hingga ada pelayanan servis kendaraan secara gratis.

“Kami sampaikan terimakasih atas dukungannya sehingga acara ini berjalan lancar. Semoga tahun-tahun yang akan datang dapat digelar kembali,” harap Gus Zen yang juga mantan Ketua GP Ansor Kecamatan Senori itu.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Swasta Kabupaten Tuban, Bambang Kusdiyanto menjelaskan, kegiatan ini termasuk program peningkatan SDM dan potensi di lingkungan SMK Swasta di Tuban. Tentu melalui program ini dapat memberikan informasi kepada siswa. Apalagi jika dengan job fair ini siswa mendapatkan pekerjaan, maka kegiatan dinilai memberikan manfaat besar bagi dunia pendidikan di lingkungan SMK.

“Dalam job fair ini kami datangkan 30 usaha dan industri, sehingga para siswa nanti bisa langsung bersinggungan dengan perusahaan-perusahaan yang ikut job fair,” ungkap Bambang.

Disisi lain adanya job fair ini masing-masing SMK Swasta di Kabupaten Tuban telah mengirimkan siswa-siswinya yang berada di kelas XII. Total ada 34 SMK Swasta di Kabupaten Tuban yang dikirimkan untuk menghadiri job fair ini. Tentu dengan cara itu mereka memilki wawasan langsung dalam mendapatkan pekerjaan.

“Kami berharap job fair dan expo pada tahun mendatang bisa digalakkan. Tujuannya, agar MKKS SMK Swasta Kabupaten Tuban ini bisa menjembatani para siswa yang hendak masuk ke dunia kerja,” pungkasnya. [*/AM]

Related Articles

Back to top button