BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERTANIAN

Melalui CSR PT Semen Indonesia, Desa Kasiman Genjot Peningkatan Sektor Pertanian

KIM Ronggolawe – Melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK) “Sejahtera ” Desa Kasiman Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban melaksanakan serah terima program Corporate Social responsibility  (CSR) tahun 2023, dilanjutkan dengan sosialisasi tata kelola CSR  tahun 2024 di balai desa setempat, Rabu (20/12). 

Koordinator FMK Sejahtera Desa Kasiman Masidi, kepada undangan yang hadir menyampaikan bahwa ada tujuh kegiatan yang semuanya didanai oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban melalui program CSR di tahun 2023 ini.

” Tahun 2023 ini fokus utama kita masih tetap dalam sektor pertanian yakni penambahan titik pengeboran, dengan harapan para petani dapat menikmati hasil panen pertanian lebih dari sekali, ” ungkap Masidi.

Selain sektor pertanian dana CSR yang digelontorkan oleh perusahaan berplat merah tersebut menurut laporan Masidi, juga diperuntukan bagi kegiatan pemberdayaan lainya, seperti pengembangan UMKM berupa pengadaan gerobak penjual pentol serta pengadaan kios bensin,  pelatihan menjahit pengadaan printer Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), pembangunan TPQ,  pelatihan peningkatan kapasitas bagi Pemdes, serta kegiatan Panitia Hari Besar Nasional (PHBN).

Pria yang juga ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tersebut juga menambahkan, jika pada tahun – tahun sebelum adanya pengeboran, petani hanya dapat panen satu kali dalam setahunya karena Desa Kasiman termasuk wilayah tadah hujan namun, semenjak adanya pengeboran yang didanai oleh CSR  Semen Indonesia kini petani dapat panen lebih dari sekali.

Hal senada juga disampaikan oleh Pemerintah Desa Kasiman melalui Kasi Kesejahteraan Dasmuri, ia menyampaikan  terimakasih kepada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban yang telah membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama di sektor pertanian.

” Atas nama pemerintah desa saya menyampaikan terima kasih kepada pihak perusahaan, saat ini ada empat titik sumur bor yang didanai oleh CSR dengan tujuan untuk meningkatkan hasil panen petani, intinya program ini sangat membantu meningkatkan kesejahteraan warga,”  kata Dasmuri.

Sementara itu Community Development Officer (CDO) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban Luksono, menekankan bahwa dalam setiap desa harus ada satu program unggulan yang diprioritaskan agar masyarakat dapat memanfaatkan program ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa.

” Kita berharap agar fasilitas yang telah diberikan perusahaan  tetap dijaga karena ini merupakan bagian dari amanah dan tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat serta untuk meningkatkan kapasitas dan perekonomian warga terlebih dapat  membuka peluang kerja, sehingga masyarakat tidak harus berharap bekerja di perusahaan, ” kata Luksono.

Diketahui bahwa penggunaan dana CSR yang digelontorkan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban terbagi dalam beberapa bagian yakni  50% untuk pemberdayaan, 20% infrastruktur, 20% peningkatan kapasitas, dan 10% karitatif. [AM/HA]

Related Articles

Back to top button