BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

PT. SBI Tuban Gelar Peringatan Hari Anak Nasional Bareng Pemkab Tuban

KIM Ronggolawe – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban mewujudkan komitmennya dalam mendukung pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Tuban melalui kolaborasi dengan TP PKK dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2024 dengan tema “Suara Anak Membangun Bangsa”.

Bertempat di Pendopo Krido Manunggal, rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2024 dilaksanakan dalam beberapa program mulai dari workshop edukasi untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dalam hal kesehatan, pendidikan, serta mengetahui minat dan bakat mereka melalui test.

Selain edukasi, kegiatan ini juga menggandeng Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban untuk menyediakan vaksin HPV (Human Papillomavirus) gratis bagi anak-anak khususnya perempuan dengan usia di atas 14 tahun. Program ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus HPV, sekaligus mencegah terjadinya kanker serviks yang disebabkan oleh virus tersebut. Selain vaksinasi, pemberian bekal pengetahuan tentang HPV dan cara mencegahnya juga diberikan kepada para peserta.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., mengatakan bahwa seluruh pihak memiliki peran dan tanggung jawab untuk memastikan setiap anak, termasuk anak disabilitas terpenuhi hak-hak dasar mereka yaitu kesehatan, pendidikan, dan perlindungan. Juga mendampingi anak-anak mengetahui minat dan bakatnya guna meraih cita-citanya.
“Karena itu Pemkab Tuban bersama insan pendidik, tenaga kesehatan dan tentunya para orang tua bersama-sama menciptakan lingkungan dan peluang tumbuh kembang yang baik bagi anak-anak kita demi masa depan mereka dan pembangunan bangsa,” kata Bupati Tuban.

Mas Lindra sapaan Bupati Tuban berpesan agar orang tua dan anak-anak mampu membangun komunikasi dua arah. Pola komunikasi tersebut akan mengakomodir keinginan anak dan orang tua sehingga tercipta ruang diskusi untuk membangun kesepahaman. Selain itu, baik anak maupun orang bisa mengungkapkan perasaan masing-masing.

Komitmen SBI dalam mendukung pengembangan masyarakat khususnya bagi anak-anak terealisasi pada sektor pendidikan melalui program Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) yang melibatkan para karyawan untuk menjadi donatur beasiswa bagi anak-anak usia sekolah SD sampai dengan SMA. SBI juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswa lulusan sekolah menengah atas di sekitar pabrik, untuk mengikuti program Enterprise-based Vocational Education (EVE) melalui proses seleksi. Pada bidang kesehatan, SBI juga mendukung penyelenggaraan Integrasi Layanan Primer (ILP) di 18 desa di sekitar pabrik melalui program pemberian makanan tambahan bagi anak-anak.

“Pendidikan dan kesehatan yang baik merupakan bekal penting dalam mempersiapkan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa. Harapan kami, dukungan dari SBI dapat membantu anak-anak di Tuban dalam proses tumbuh kembang mereka, serta menempuh pendidikan setinggi mungkin untuk membangun masa depan yang cerah dan berkontribusi membangun daerahnya,” ujar Manager General Affairs/Community Relation SBI Pabrik Tuban, Mochammad Yunani Rizzal.

Ketua TP PKK Kabupaten Tuban selaku Ketua Panitia Hari Anak Nasional 2024 Tuban, Hart Novembria Agung menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan SBI dalam rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional tahun ini. Ini merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak. “Kami harap kolaborasi ini dapat terus terjaga dan terbina pada program-program lainnya,” ujarnya.

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh SIG. Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang. [*/AM]

Related Articles

Back to top button