BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKANPERISTIWA

Unirow Kembali Jadi Tuan Rumah Pekan Seni Mahasiswa

KIM Ronggolawe – Universitas PGRI Ronggolawe Tuban ditunjuk kembali untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) XVII Jawa Timur 2024 pada tangkai lomba baca puisi yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Juli 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Lantai II Gedung Rektorat Unirow Tuban yang dihadiri oleh Jajaran Rektorat Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Perwakilan dari BPSMI Jawa Timur yang juga merupakan salah satu dewan juri I yaitu Bapak Nanang Suryadi, Bapak Wahyu Haryanto dan Bapak Agus R. Subagyo sebagai dewan juri II dan III tangkai lomba baca puisi Peksimida XVII, peserta putra dan putri perwakilan universitas PTN dan PTS se jawa timur, serta tamu undangan.

Kegiatan ini diikuti oleh PTN dan PTS se- Jawa Timur dengan jumlah 46 peserta dari 33 universitas. Menghadirkan dewan juri lomba yang berasal dari kalangan profesional yaitu BPSMI Jawa Timur, Balai Bahasa, dan Praktisi.

Kegiatan ini dimulai dengan Sambutan sekaligus membuka acara dari Rektor universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Bapak Dr. Warli, M.Pd. beliau mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tuban kepada para peserta dan dewan juri, serta terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menjadi tuan rumah kali kedua pada kegiatan PEKSIMIDA ini.

“Kami atas nama perguruan tinggi banyak mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh BPSMI untuk menyelenggarakan salah satu tangkai lomba di universitas kami pada pekan seni mahasiswa tahun 2024, menjadi tuan rumah ini juga bukan pertama kali kami lakukan. Di tahun 2018, kita juga ditunjuk sebagai tuan rumah khususnya pada bidang lomba fotografi. Selain itu atas keterbatasan yang kami miliki, kami mohon maaf jika ada fasilitas apabila belum memenuhi syarat.”

 

Beliau juga memberi selamat dan semangat kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan lomba hingga akhir acara nanti. “Selamat dan semangat kepada para mahasiswa yang menjadi peserta pada kegiatan lomba hari ini, harapannya semua bisa mengikuti kegiatan hingga akhir acara nanti. Maka dari itu, berilah pertunjukan terbaik dalam pembacaan puisi nanti”

Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari perwakilan BPSMI Jawa Timur yang juga merupakan salah satu dewan juri yakni Bapak nanang suryadi. Beliau menyampaikan bahwasanya PEKSIMIDA ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali. Selain itu, Beliau juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang telah berkenan menjadi tuan rumah dan menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan dalam perlombaan ini.

“Saya mewakili BPSMI Jawa Timur juga mengucapkan terimakasih kepada Universitas PGRI Ronggolawe Tuban sehingga PEKSIMIDA XVII ini khususnya tangkai lomba baca puisi dapat terselenggarakan. Terimakasih bapak rector, yang telah berkenan menjadi tuan rumah dan menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan.”terangnya

Puisi yang ditampilkan terbagi menjadi dua bagian yang diantaranya merupakan puisi wajib berjumlah 2 puisi untuk masing-masing putra dan putri, serta 15 puisi pilihan yang telah ditentukan oleh panitia. Pada aspek penilaian, dibagi menjadi empat aspek diantaranya pemahaman, penghayatan, vocal dan penyajian. Setiap peserta hanya tampil satu kali, tanpa babak penyisihan.

Bapak Nanang selaku Ketua dewan juri dan perwakilan dari BPSMI Jawa Timur mengucapkan terimakasih banyak atas partisipasi dan fasilitas yang sudah diberikan untuk mendukung kesuksesan dan keberhasilan pada kegiatan hari ini. Adapun pemenang juara pertama pada setiap lomba ini, akan mewakili provinsi pada lomba selanjutnya yakni PEKSIMINAS yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Sebelum menutup kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) XVII, Bapak Warli selaku Rektor Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, juga turut memberikan selamat kepada para pemenang dan juga peserta, serta memberikan motivasi bahwasanya setiap peserta sudah memberikan hal yang luar biasa dan pertunjukan terbaik pada hari ini.

Pemenang dari tangkai lomba baca puisi ini dipilih dari kategori putra dan putri diantaranya:

Juara I Ahmad Roni Hidayat, Universitas Negeri Surabaya Fedina Emi Ayu Lestari, Universitas Negeri Surabaya

Juara II Muhammad Aqib, Universitas Brawijaya Aisyah Marsha Nabila, Universitas Muhammadiyah Malang

Juara III Ocatavian Bagas Pramudika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Nabilla Mahda Susila, Universitas Negeri Malang

Harapan I Moh. Sudirman, Universitas Trunojoyo Margareza Dwi Wahyuni, Universitas Airlangga

Harapan II Muhammad Noor Fu’adi, Universitas Muhammadiyah Malang Jihan Aurah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Harapan III Kurniawan Hidayat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Adiska Putria Nova, Universitas 17 Agustus Surabaya. [*/AM]

Related Articles

Back to top button