BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

Dr. Warli, M.Pd Dilantik Sebagai Rektor Unirow Tuban Untuk Masa Jabatan 2023-2027

KIM Ronggolawe – Ketua Perkumpulan Penyelengara Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP PT PGRI) Tuban melantik Dr. Warli, M.Pd sebagai Rektor Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban untuk masa jabatan 2023-2027. Rabu, (30/08).

Pelantikan yang digelar di aula Lantai 2 Gedung Rektorat Unirow tersebut terasa khidmat. Pasalnya, dalam acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Dyah Sawitri, SE., MM, Ketua PGRI Provinsi Jawa Timur, Teguh Sumarno, M.Si.

Turut hadir pula Ketua PGRI Kabupaten Tuban, Rektor PTS di Jawa Timur, Dirut Bank Jatim, Kapolsek dan Koramil Kecamatan Semanding, OPD di Lingkup Pemkab Tuban, mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri, Pejabat Struktural Unirow, dan Mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala PPLP PT PGRI Tuban Berpesan kepada Rektor baru Unirow Tuban, untuk terus melanjutkan apa yang telah dicapai oleh Rektor sebelumnya.

“Saya optimis, baliau bisa meneruskan kekurangan-kekurangan yang belum dicapai oleh Prof. Dian. Karena beliau ini adalah salah satu putra terbaik Jawa Barat. Visi, Misisnya sangat revolusioner”. Pesan Pak Totok ketika memberikan sambutan.

Selain itu beliau juga mengigatkan kepada Rektor dan semua civitas akademika Unirow Tuban untuk bisa menyikapi perkembangan dunia pendidikan sekarang ini dengan opotimis dengan saling bekerja sama.

“Pesan kami pada Rektor baru, tantangan PT kedepannya semakin sulit, kita harus bisa menyikapi perubahan paradigma PT, karena kalau tidak kita akan ditinggalkan masyarakat”.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. Dra. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes, yang baru saja melakukan serah terima jabatan dari Rektor lama ke pada Rektor baru, mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah membantunya dalam memimpin Unirow selama 2 periode.

“Terimakasih kepada Ketua PPLP PT PGRI Tuban yang percaya kepada saya selama 2 periode jadi Rektor, ini adalah amanah yang penuh tangung jawab” Ucap Rektor Unirow 2 Periode tersebut dengan mata berkaca-kaca.

Selain itu, Ketua PGRI Jawa Timur juga menyampaikan apresiai setinggi-tingginya kepada Rektor Perempuan pertama Unirow tersebut, beliau berharap semoga apa yang telah dilakukan oleh Prof. Dian selama 8 tahun ini menjadi sebuah amal jariah tersendiri bagi beliau. ”terimakasih atas perjuangannya yang berat, ini perbuatan yang baik semoga menjadi amal jariah” ungkapnya.

Selian itu, Pria yang suka berpantun tersebut juga berpesan kepada semua Civitas Akademika Unirow untuk selalu solit pasca pelantikan Rektor ini, “Kalau kemarin ada persaingan, sekarang jangan sampai pecah, itu kebinekaan, solidaritas harus menjadi yang utama” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama pula, Kepala LLDikti Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dyah, juga turut menyampaikan ucapan selamat kepada Rektor baru Unirow. “Selamat dan suskses untuk Pak Rektor, semoga Pak Rektor yang baru bisa melakukan perubahan seperti apa yang diamanatkan oleh merdeka belajar”

Dewasa ini, dalam dunia pendidikan perubahan berjalan terus menerus secara dinamis. Namun setiap perubahan yang terjadi harus mampu dimanfaatkan untuk menjadi peluang dan kekuatan baru. Sebab merdeka belajar telah membawa berbagai macam perubahan. Selain memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa memperluas jaringan dan mengembangkan kemapuannya, merdeka belajar juga memberikan peluang dan kekuatan baru terkait transformasi sistim Pendidikan Tinggi.

Menanggapi tuntutan dan perubahan dalam Perguruan Tinggi tersebut, Dr. Warli, M.Pd yang baru saja dikukuhkan menjadi Rektor Unirow Tuban, untuk menghadapi peluang dan kekuatan dari perubahan Standar Pendidikan Tinggi dapat dilakukan melalui:

Pertama, meningkatkan daya saing untuk mengadapi persaingan antar Perguruan Tinggi baik dengan sesama Perguruan Tinggi Swasta maupun dengan Perguruan Tinggi Negeri. Kedua, peningkatan kesiapan Sumber Daya Manusia dalam menguasai teknologi informasi. Ketiga, menghasilkan lulusan yang keratif, inovatif, adaptif. Sehingga bisa mengikuti perkembangan iptek melalui kerjasama dengan mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri guna menghadapi tantangan dunia ke depan. Keempat, mempersiapkan diri terhadap kemungkinan masuknya tenaga asing sebagai imbas industrialisi di Kabupaten Tuban dan Masyarakat Ekonomi Asean. Kelima pemenuhan Indikator Kinerja Utama melalui peningkatan kualitas lulusan, Kulaitas Dosen dan Tenaga Kependidikan, kualitas kurikulum. Dan Keenam, publikasi artikel di Jurnal Internasional Bereputasi. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button