BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAKESEHATANPENDIDIKAN

Dukung Pembangunan Inklusif dan Berkelanjutan, SBI Peringati Hari Disabilitas Internasional 2022

 

KIM Ronggolawe – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban wujudkan komitmen kepedulian pada penyandang disabilitas melalui peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022 yang diselenggarakan pada hari Kamis, (08/12) bertempat di Sekolah Luar Biasa (SLB) C Negeri Tuban.

Acara ini dihadiri oleh Fira Fitria, Founder Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT), yang memberikan sesi motivasi kepada penyandang disabilitas. Tak hanya Fira, hadir pula Arif Setyo Budi, Breakdancer Disabilitas Malang, serta Indarti, S.Psi., M. Psi Psikolog Keahlian Kasus Anak, Remaja, Dewasa, Perkawinan & Forensic yang memberikan materi parenting kepada wali murid siswa-siswi disabilitas SLB C Tuban.

Pada acara ini, siswa-siswi disabilitas SLB C Tuban turut unjuk kebolehan melalui berbagai penampilan hiburan seperti tari tradisional, paduan suara, dan bernyanyi. Tampak pula pameran karya penyandang disabilitas berupa bubuk toga, sabun cair, bunga hias aglonema dan media tanamnya, sketsa gambar, miniatur kapal dan tas.

Puncak peringatan HDI 2022 ini dilakukan dengan pemberian stimulan kepada UMKM disabilitas secara simbolis oleh M.Yunani Rizzal, General Affair & Community Relations Manager SBI Pabrik Tuban, bersama Drs. Agus Wijaya, M.AP, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Tuban. Dalam sambutannya, Agus Wijaya menyatakan bahwa penyandang disabilitas layak untuk mendapatkan perhatian lebih, harus terfasilitasi untuk mempunyai tempat agar mereka bisa tetap berkreasi. “Langkah tersebut sebagai motivasi untuk mendorong rekan-rekan disabilitas agar tetap berkembang”, ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Fira Fitria selaku founder ORBIT, alumni program International Visitor Leadership Program (IVLP) ini menjelaskan bahwa program kolaboratif dengan SBI diharapkan menjadi penyemangat tersendiri bagi teman-teman disabilitas di Tuban.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban para penyandang disabilitas dan menginspirasi pihak lain untuk terlibat. Kami berharap ini menjadi awal program bersama untuk penguatan bagi para penyandang disabilitas di Tuban”. Dalam dua tahun ini SBI Tuban telah menginisiasi program kepedulian bagi kelompok rentan. “Semoga program ini dapat terus berlanjut, sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat difabel,” pungkas M. Yunani Rizzal. [*/AM]

 

Related Articles

Back to top button