BERITA KIM RONGGOLAWEKESEHATANPEMERINTAHANPERISTIWA

Peringati HKN Ke-53, Bupati Ajak Masyarakat Hidup Sehat

KIM Ronggolawe  – Terciptanya keluarga yang sehat dan mandiri menjadi target capaian Pemkab Tuban dalam implementasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui pendekatan keluarga. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Rest Area Tuban, Jumat (15/12/2017).

“Ibu-ibu yang memiliki perhatian lebih dibandingkan bapak, menjadi fokus dari pengarahan terkait Germas, mengingat titik tekan program ini adalah keluarga” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tuban menambahkan lingkungan keluarga yang kondusif dan nyaman akan menciptakan individu berkualitas, baik jasmani maupun rohani.

Pada tahap awal Germas secara nasional berfokus pada tiga hal. Pertama, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari. “Saya menghimbau kepada para pimpinan untuk menggalakkan aktivitas fisik, seperti senam di masing-masing OPD dan instansi lain,” imbuhnya.

Selanjutnya, Bupati dua periode ini mengarahkan agar masyarakat mengonsumsi buah dan sayur terutama yang berasal dari dalam negeri. “Saya akan memerintahkan kepada Dinas Pertanian agar mengembangkan dan memaksimalkan produk unggulan di kabupaten Tuban,” terangnya.

Ketiga, memeriksakan kesehatan secara rutin. Peringatan HKN ke-53, oleh orang nomor satu di Tuban ini, harus dijadikan momentum bagi insan kesehatan di Tuban untuk melakukan refleksi. Sejauh mana keberhasilan program kesehatan yang telah dilakukan baik promotif, preventif, kuratif, maupun  rehabilitatif sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, Fathul Huda menjelaskan bahwa program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas merupakan upaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat untuk hidup sehat.

“Sebagai upaya promotif dan preventif sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan tercipta masyarakat yang produktif dan berperan aktif dalam pembangunan nasional,” jelasnya.

Dihadapan sedikitnya 1400 peserta kegiatan, Bupati kelahiran Montong ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Indonesia sehat, mulai dari diri sendiri dan keluarga. “Indonesia sehat dapat diwujudkan melalui keluarga sehat sehingga membentuk masyarakat yang sehat,” serunya.

Hadir pada kegiatan ini jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban, kepala Puskesmas se-Tuban, institusi kesehatan, dan perwakilan lembaga pendidikan di Tuban.

Pada kegiatan ini, diserahkan mobil promosi kesehatan oleh Bupati Tuban ke Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tuban. Selain itu, juga dimeriahkan berbagai kegiatan lomba, pameran stan kesehatan, dan jalan sehat. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button