BERITA KIM RONGGOLAWEPARIWISATAPEMERINTAHANPERISTIWA

Pemkab Rancang Roadmap Wisata Bumi Wali

KIM Ronggolawe – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., kembali melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tuban, Kamis (17/01). Kali ini Wabup mengunjungi objek wisata Pemandian Bektiharjo, Tapan Andongsari,  Wisata Air Gununganyar, Sendang Gede Jegulo, dan Agro Park Klumpit.

Usai meninjau beberapa destinasi wisata tersebut, Wabup menuturkan bahwa peninjauan kali ini bertujuan untuk mendata potensi wisata di desa-desa di Kabupaten Tuban. Mengingat setiap objek wisata di desa memiliki kekhasan tersendiri.

Sampai saat ini, sebagian besar objek wisata tersebut masih dikelola Pemdes dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat. Selain itu, pengembangan objek wisata harus memenuhi standar keamanan. Di samping itu, dalam pengelolaan juga dapatnya melibatkan masyarakat setempat.

Wabup menambahkan guna memaksimalkan pengembangan objek wisata, Pemkab Tuban bersama pemerintah Kecamatan dan desa setempat  juga akan melibatkan pihak swasta.

“Diharapkan dapat terus dikembangkan sehingga memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Wabup.

Lebih lanjut, data yang telah terkumpul, kedepan akan dijadikan roadmap wisata Bumi Wali. Pemkab Tuban juga akan meningkatkan promosi terkait peta wisata di Kabupaten Tuban.

“Sehingga mampu meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Bumi Wali,” ungkap Wabup.

Berdasarkan data yang dihimpun Media Center Tuban, jumlah pengunjung Pemandian Bektiharjo tahun 2018 mencapai 126.586 orang. Di objek wisata Tapan Andongsari, Grabagan, setiap minggunya tercatat kurang lebih 300 orang berkunjung.

Sedangkan, di lokasi Wisata Gununganyar selain sendang, juga berpotensi dikembangkan kebun mawar. Sementara di Sendang Gede Jegulo pengembangan akan difokuskan pada pemanfaatan lahan untuk perkebunan. Di lokasi Agro Park Klumpit pengembangan difokuskan pada melengkapi berbagai fasilitas penunjang.

Turut hadir sejumlah pimpinan OPD mendampingi Wabub dalam meninjau sejumlah destinasi wisata, antara lain Kepala Disparbudpora, BAPPEDA, Dinas PRKP, Satpol PP, Dishub, dan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button