BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAKESEHATANPARIWISATAPEMERINTAHANPERTANIAN

Launching Desa Karanglo Ikuti Lomba Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional 2018

KIM Ronggolawe – Desa Karanglo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban telah resmi sebagai perwakilan Kabupaten Tuban dalam lomba Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional 2018. Peresmian itu ditandai dengan launching oleh Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si di lapangan desa setempat, Minggu (19/08).

Launching yang ditandai dengan pelepasan ratusan balon ke udara tersebut berlangsung cukup meriah, karena dihadiri oleh seribu lebih warga masyarakat setempat yang antusias sejak pagi mengikuti rangkaian kegiatan, diantaranya senam masal dan jalan sehat yang didukung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang perintis Tuban.

Termasuk penyerahan santunan jaminan kematian kepada ahli waris, masing masing keluarga almarhum Subroto (Kades Gaji, Kecamatan Kerek), almarhum Waelan (Kadus Sumberagung, Desa Trantang, Kecamatan Kerek) dan almarhum Sutomo (Kadus Kasiman, Desa Kasiman, Kecamatan Kerek).

Sunandar, S.H.I selaku Kepala Desa Karanglo dalam laporannya menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Kabupaten Tuban yang telah memberikan kepercayaan terhadap desa yang dipimpinnya menjadi delegasi Tuban untuk berkompetisi tingkat nasional.

“Semoga kepercayaan ini bisa kami buktikan dengan menjadi yang terbaik. Karena target kami minimal 50 persen warga kami (1.524 KK) sadar terhadap pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dengan mandiri dan sukarela daftar BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan perlindungan risiko kerja,” ucap Kades visioner tersebut.

Hingga saat ini, lanjut Sunandar, tak kurang 10 hingga 15 warganya setiap hari mendaftarkan diri menjadi keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, sejak pihak desa melakukan sosialisasi baik itu internal perangkat desa, RT/RW, karyawan pabrik, guru, hingga para petani. Tercatat 1.000 lebih warganya dari berbagai profesi sudah tercover BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si saat diwawancarai awak media usai melakukan penempelan stiker peserta BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis di rumah warga menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tuban dan masyarakat terima kasih dan mengapresiasi terhadap Desa Karanglo yang bisa mewakili Kabupaten Tuban untuk kontestasi tingkat nasional.

“Kami harap Kades bersama perangkatnya untuk terus mendorong masyarakat agar sadar dan mandiri untuk ikut program pemerintah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tanpa paksaan, tapi saya juga minta pihak BPJS mempermudah klaimnya. Kalau klaimnya mudah dan terbukti maka kepercayaan masyarakat akan meningkat terhadap program pemerintah pusat ini,” ucap Wabup 2 periode yang mendampingi H. Fathul Huda sebagai Bupati Tuban.

Hal ini menurut Wabup, perlu disadari bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungan warga negara Indonesia agar kalau terjadi musibah tidak bertambah menderita dan jatuh miskin bagi pihak keluarganya, dan kalau bisa klaimnya dibantu agar lebih mudah. “Ke depan melalui dinas terkait saya minta agar Desa Karanglo didorong baik secara administrasi atau sosialisasi agar setiap hari bertambah kepesertaannya, sehingga Desa Karanglo bisa menjadi juara nasional 2018,” harapannya.

“Masing-masing desa yang mengikuti lomba ini memiliki kelebihan dan karakter yang berbeda-beda. Tapi kami optimis program ini akan sukses dan mengantarkan Desa karanglo meraih prestasi terbaik, terlihat dari dukungan semua pihak mulai dari Pemkab hingga warganya,’ ucap optimis Dodit yang turun langsung di Desa Karanglo.

Turut hadir dalam acara launching tersebut, Ketua DPRD Tuban, HM. Miyadi, Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Tuban, Tajuddin Tebyo, Anto Wahyudi, Kabid Pemdes dari Dispemas dan KB Tuban, Camat Kerek, Sugeng Purnomo, S.IP dan Forkopimka Kerek serta seluruh kepala desa se-Kecamatan Kerek. (CH/AM)

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button