BERITA KIM RONGGOLAWEKESEHATANPERISTIWA

Serentak Se- Indonesia, BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro Luncurkan Loket Pelayanan Informasi di RSNU Tuban

KIM Ronggolawe – BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro dan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Tuban meluncurkan loket pelayanan informasi dan portal quick response yang bertempat di RSNU Tuban, Jumat (29/09) sore.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak se-Indonesia bersama 502 rumah sakit dari total 3.000 lebih faskes tersebut merupakan wujud transformasi mutu layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang menjadi titik utama dalam meningkatkan Program JKN guna memberikan layanan kesehatan bagi pesertanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Sistri Sembodo mengemukakan jika launching loket pelayanan informasi dan Portal Quick Response merupakan bukti nyata jika layanan JKN saat ini mudah, cepat dan setara atau tidak mendiskriminasi.

“Diharapkan inovasi yang diluncurkan dapat memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN khususnya di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL),” harap Sistri.

Dijelaskan oleh dia, saat ini tidak ada lagi yang berobat dan datang ke faskes dengan membawa berkas-berkas untuk foto copy, sebab cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja sudah langsung dilayani. Semua fasilitas Kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan secara otomatis wajib untuk menjalankan janji layanan sebagai tendensi guna melayani peserta.

“Hal ini dibuktikan dengan adanya Petugas Edukasi Peserta dan Penanganan Pengaduan Keluhan Rumah Sakit (EP3RS) yang bertugas memberikan informasi dan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),” timpal dia.

Sistri menjelaskan, jika Petugas BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik, terutama saat pelayanan di loket rawat jalan di rumah sakit.

“Luar biasa sekali di RS NU Tuban ini sudah diposisikan loket pelayanan yang sangat mudah dijangkau oleh peserta JKN, sehingga mudah terlihat dan diakses peserta,” puji dia.

Dia menegaskan, inovasi ini akan membawa kemudahan digital terutama pada peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan oleh BPJS Kesehatan guna layanan JKN menjadi lancar dan cepat.

Selain itu, pada kesempatan itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan.

“POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, antrean, dan Web Skrining yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat,” ia memperkenalkan.

Pihaknya berharap, semoga dengan dihadirkannya POROS BPJS Kesehatan, kepuasan peserta JKN menjadi meningkat dan tentunya sinergi dengan RSNU Tuban ini mampu berdampak positif guna meningkatkan mutu layanan JKN yang mudah cepat dan setara.

Di tempat yang sama, Direktur RSNU Tuban, Didik Suharsoyo tidak main-main dalam memberikan layanan Program JKN. Ia berkomitmen bahwa janji layanan JKN adalah hal mendasar yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Saya mendukung penuh dengan diluncurkannya Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response. Semoga layanan JKN mampu melindungi hajat hidup masyarakat sampai dengan pelosok,” tutup Didik.

Untuk diketahui, dipilihnya RSNU Tuban sebagai tempat launching Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response disebabkan RSNU Tuban sebagai RS terbaik tipe C terbaik se-Jatim dalam pelayanan peserta JKN. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button