BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Bupati : Perusahaan Wajib Pekerjakan Warga Lokal Tuban

KIM Ronggolawe – Bupati Tuban, H Fathul Huda, membuka Job Market Fair 2019 di Gedung Budaya Loka Kabupaten Tuban, Selasa (30/07).

Turut hadir pada kegiatan ini sejumlah pimpinan OPD dan perusahaan di Kabupaten Tuban. Job Market kali ini diikuti 36 perusahaan tingkat regional dan Nasional.

Menurut Bupati Huda, angka pengangguran terbuka di Tuban sejumlah 2.83 persen. Angka tersebut masih terbilang rendah di bawah standar International Labour Organization (ILO) yaitu 3.0 persen. Meski demikian, tetap harus dilakukan upaya untuk menekan angka pengangguran serendah mungkin.
Ditegaskan perusahaan yang beroperasi di Bumi Wali harus memberi pelatihan bagi angkatan kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mereka juga harus memprioritaskan tenaga kerja lokal dari Kabupaten Tuban.

Perusahaan juga perlu memberikan informasi terkait kebutuhan tenaga kerja di perusahaan. “Jangan sampai ada alasan tidak bisa merekrut tenaga ahli dari Tuban,” tegasnya
Hal tersebut dimaksudkan untuk membangun keharmonisan antara perusahaan dengan warga sekitar, juga Pemkab Tuban. Sehingga akan meningkatkan produktifitas perusahaan.
Orang nomor satu di Bumi Wali ini menghimbau pencari kerja selalu mengikuti perkembangan informasi tentang ketenagakerjaan. Berbagai kemajuan teknologi harus dapat dimaksimalkan untuk memperoleh informasi. Pencari kerja juga dapatnya menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship.

“Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan akan menciptakan lapangan kerja baru,” terangnya.
Bupati dua periode ini menyampaikan apresiasi kepada sejumlah perusahaan yang telah melakukan CSR dalam bentuk pemberdayaan masyarakat, baik melalui pelatihan maupun di bidang pendidikan.
Sementara itu, Kepala Dinas PTSP dan Naker Kabupaten Tuban, Tajuddin Tebyo, dalam laporannya menyebutkan kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menyasar pencari kerja, utamanya di Kabupaten Tuban jenjang SMA/SMK hingga sarjana. Dari 36 perusahaan yang hadir tersedia 879 formasi. Juga dihadirkan Simonik dari Disnakertrans Jatim yang menyediakan 11 perusahaan yang menyelenggarakan rekrutmen online.

Tajuddin Tebyo menambahkan, pada tahun 2018 jumlah angkatan kerja sebanyak 659.499 orang. Jumlah tersebut terdiri dari pekerja sebanyak 650.855 orang dan pengangguran sebanyak 18.644 orang.

“Hadirnya Job Market ini sebagai upaya perluasan dan peningkatan penyerapan tenaga kerja Tuban melalui rekrutmen,” pungkasnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button