BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Awali Masa Kampanye, Bawaslu Tuban Deklarasi “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat”

KIM Ronggolawe – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban mengajak seluruh komponen peserta Pemilu dari unsur Partai Politik (Parpol) maupun Calon Legisatif (Caleg) mendeklarasikan “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat”, di salah satu hotel di Jalan Basuki Rakhmat Tuban, Minggu (23/09).

Deklarasi tersebut, mengawali jadwal masa kampanye yang telah ditentukan oleh KPU Pusat mulai hari ini. “Kegiatan ini berawal dari tujuan menciptakan kondisi Pemilu 2019 di Kabupaten Tuban berjalan dengan damai, aman, tertib, dan taat aturan. Diharapkan semua peserta Pemilu menjunjung tinggi nilai-nilai demokratis dan berintegritas,” ucap Sullamul Hadi, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban usai penandatanganan deklarasi yang diikuti ratusan peserta dari unsur Bawaslu 20 kecamatan, perwakilan Parpol dan Caleg, serta stakeholder dari unsur Forkopimda Tuban.

Gus Hadi begitu sapaannya melanjutkan, melalui deklarasi ini yang memiliki latar belakang, kalau pepatah jawa mengatakan “menang tidak hebat, kalah memalukan” maka hari ini bahasanya dibuat lebih santun mengedepankan proses pemilihan umum yang berintegritas dengan prinsip “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat”.

“Semoga pada Pemilu 2019 nanti tidak lagi ada kericuhan atau kegaduhan terkait dengan hasil, karena kita yakin bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan, bersama rakyat kita awasi Pemilu, dan para peserta Pemilu taat aturan,” harap komisioner Bawaslu asli Kecamatan Semanding ini.

Dirinya menyerukan, prinsip itu harus benar-benar dipegang dan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada peserta Pemilu 2019. Sehingga, dengan deklarasi ini diharapkan adanya komitmen bersama yang dibangun antara penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu.

Kegiatan yang diawali dengan “senam awas” itu mengawali kegiatan bersama sejak pagi untuk menjalin keakraban bersama yang dilanjutkan pada forum untuk pembacaan deklarasi. Sebab, deklarasi tersebut dilaksanakan secara serentak se – Jawa Timur. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button