BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

KESBANGPOL Gelar Sosialisasi dan Fasilitas FKDM Kabupaten Tuban

KIM Ronggolawe – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban menggelar Sosialisasi dan Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini dan Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tuban tahun 2019, Rabu (18/09) di Ruang RH. Ronggolawe Setda Tuban.

Kegiatan tersebut diikuti 180 peserta terdiri Camat se-kabupaten Tuban, FKUB dan FKDM Kabupaten Tuban, Tokoh agama, masyarakat dam pemuda se-kabupaten Tuban.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, S.Pd., M.Si., mengungkapkan kegiatan tersebut wujud implementasi Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Selain itu, sebagai bentuk pembinaan kepada FKDM di tingkat kabupaten dan kecamatan.
“Sehingga dapat meningkatkan peran FKDM dalam pembangunan kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Lebih lanjut, FKDM Kabupaten Tuban diharapkan dapat meminimalisir terjadinya pontesi ancaman ketentraman masyarakat melalui upaya-upaya strategis. Pertama, meningkatkan sumber daya manusia FKDM. Kedua, menjalin komunikasi dan koordinasi bersama stakeholder.

“Selanjutnya, terus lakukan pengumpulan data sehingga mampu mengambil langkah pencegahan,” jelasnya.

Didik Purwanto menyatakan bahwa masyarakat Bumi Wali relatif aman dan kondusif. Meski demikian, harus memperhatikan berbagai potensi terjadinya konflik maupun disintegrasi. Di samping itu, masyarakat Kabupaten Tuban tergolong heterogen sehingga perlu diciptakan pola pikir yang bijak untuk menyikapi perbedaan.

Mantan Camat Tambakboyo ini menekankan potensi dan kerawanan sosial merupakan hal inheren dalam kehidupan bermasyarakat. Perlu dilakukan cegah dini dan upaya preventif lainnya. Selain itu, harus menjalin komunikasi yang intens dengan maksud menjaga masyarakat yang kondusif.

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten Tuban, Letkol. Inf. (Purn) Ibung Sukarjo menyatakan bahwa sebagai upaya pencegahan dan kewaspadaan dini perlu partisipasi masyarakat untuk menjaga ketertiban lingkungan masing-masing.
Tidak hanya itu, kehadiran Pemkab Tuban mendorong peningkatan kesadaran masyarakat tentang Kewaspadaan dini. Hal ini sejalan tema yang diangkat yaitu Sinergitas Peningkatan Kewaspadaan Dini Masyarakat di tingkat Kecamatan.

Pada kesempatan ini, peserta akan mendapat pemahaman tentang Permendagri no. 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini. Adapun narasumber pada kegiatan ini anggota FKDM Provinsi Jawa Timur; Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban dan Ketua FKDM Kabupaten Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button