BERITA KIM RONGGOLAWEBUDAYA

Tepat Pukul 00:00, Tradisi Bucu Robyong Di Laksanakan

Warga berebut bucu robyong

KIM Ronggolawe –  Bucu Robyong, menjadi puncak acara peringatan malam 1 Suro 1950 yang di selenggarakan masyarakat Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban,Senin (03/10).

Setelah pemuka agama selesai membacakan do’ a tepat pukul 00:00 WIB Bucu atau Tumpeng Robyong yang semula berada di depan Balai Desa setempat, kemudian diarak warga ke jalan raya, kemudian tanpa adanya komando para warga yang hadir baik pria maupun wanita, berebut Bucu Robyong yang berisikan palawija, dan berbagai hasil panen lainya.

Tak pelak Bucu yang tinggi kurang lebih 2,5 meter tersebut,menjadi ajang rebutan ” Seru sekali acara ini, dan kami berharap acara seperti ini diselenggarakan dalam setiap tahunya “ Ungkap Wakir (56) salah satu warga setempat.

Dari pantaun reporter kimronggolawe.com tak jarang pula buah buahan serta palawija yang ada dalam Bucu Robyong tersebut, banyak yang terinjak injak oleh warga yang berebut Bucu yang menurut sebagian warga, sebagai bentuk tolak balak itu.

” Menurut orang orang terdahulu, kalau dapat bibit padi atau bibit jagung, bisa digunakan untuk tanam awal (Kawitan) disaat musim tanam tiba “ Ujar Warji (66) yang mengaku senang dengan diadakanya acara seperti ini.

Sementara itu pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Edi Siwanto , setelah acara Bucu Roboyong selesai kembali di lanjutkan hingga usai dengan memgambil cerita Wahyu Makuto Rowo.[AM]

 

 

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button