BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

Bupati Silaturrahmi Dengan Saberkota

KIM Ronggolawe – Masih dalam bulan Syawal dengan nuansa Idul Fitri 1439 H. Bupati Tuban H. Fathul Huda melaksanakan silaturahmi dengan Satuan Tugas Pembersih Kota (Saberkota) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Tuban, bertempat di Taman kota Jalan Pahlawan Tuban, Selasa (26/06).

Dihadapan 232 Orang yang dulu dikenal dengan sebutan Pasukan Kuning ini, Bupati mengingatkan akan pentingnya kebersamaan, “Acara semacam ini bukan Karena Makan-nya, karena saya yakin tidak ada yang kesulitan makan, tetapi karena kebersamaannya, saya mau dihadir ditempat ini tidak mau dibeda-bedakan baik makanan ataupun tempatnya, semua harus makan bersama agar terasa kebersamaannya.” Ujar Bupati.

Kebersamaan ini diperlukan untuk mewujudkan keharmonisan, menurut Bupati dengan harmonis, pekerjaan yang berat menjadi ringan karena diangkat bersama, dengan kebersamaan pekerjaan semakin produktif. Bupati juga mengingatkan bahwa pekerjaan Saberkota adalah sangat mulia, “Bayangkan rumah sebabagus apapun tetapi halamannya penuh sampah maka tidak akan menarik, demikian dengan kota, bagaimanapun bagusnya kota jika penuh dengan sampah maka tidak bagus dilihat.” Tambahnya

Mengutip hadits Rasulullah Muhammad SAW, ‘Kebersihan Sebagian dari Iman’, Bupati Huda berharap menjadi anggota Saberkota tidak berkecil hati malahan harus bangga, “bapak ibu sekalian adalah termasuk orang-orang yang membangun keimanan”. Tegas Bupati.

Dengan bersama dan bersatu maka akan tercipta keharmoisan, Bupati Dua Periode ini mencontohkan pada sebuah gedung. Jika hanya terdiri dari besi tidak akan kuat, dengan pasir ataupun semen saja juga tidak ada gedung bisa berdiri. Semua punya fungsi yang sama, semua punya peran yang sama, jika ada salah satu material yang menonjol tidak akan kuat dan indah. “Ini gambaran antara bawahan dan atasan, jika ada  yang merasa paling berjasa maka tidak akan kuat, tidak ada keharmonisan, karena sejatinya atasan dan bawahan punya fungsi yg sama, saling melengkapi” Pesan Bupati.

Oleh Bupati diharapkan semua harus Singkron, seperti besi, pasir dan batu bisa terekat dengan air. Filosofi adalah air adalah halus. “Dengan pola kepemimpinan yang halus, Iinsyaallah semuanya jadi satu, terekat, yang atas jangan sewenang-wenang, yang dibawah jadi pelekat. Maka tercipta suasana pekerjaan yang baik dan penuh Kerbersamaan”. Imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan PRKP Tuban, Sumarno menjelaskan bahwa saat ini jumlah anggota Saberkota di Kabupaten Tuban adalah sebanyak kurang lebih 305 orang yang terbagi menjadi beberapa unit, diantaranya Unit Saluran, Unit Taman, Unit PJU (Penerangan Jalan Umum), Unit Reaksi Cepat (URC) dan Unit Yustisi Kebersihan (UYK). Adapun acara Silaturahmi dengan Bupati dilaksanakan bersamaan dengan acara rutin pertemuan anggota Saberkota yang diagendakan perbulan, “Karena Bapak Bupati ingin Makan bersama dengan anggota Saberkota, maka dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan rutin.”pungkasnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button