19 Juni 2021

Sejumlah OKP Hadiri Musda KNPI Cabang Tuban, Pemkab Apresiasi Bisa Terselenggara

 

KIM Ronggolawe– Setelah lama vakum, organisasi kepemudaan yang tergabung di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Cabang Tuban menggelar Musyawarah Daerah (Musda), di Gedung Korpri Tuban, Jumat (28/05) sore.

Didik Purwanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tuban usai membuka Musda menyampaikan, pihaknya atas nama Pemkab telah memfasilitasi Musda tersebut dan mengapresiasi bisa terselenggara.

“KNPI ini sudah lama vakum sejak 2012, kalau diibaratkan hidup segan mati tak mau. Sehingga kami mengapresiasi ini bisa dilaksanakan,” tambahnya.

Pihaknya berharap, jika kepengurusan hasil Musda ini sudah terbentuk harapannya bisa sinergi dan kolaborasi dengan Pemkab dalam hal ini Bakesbangpol Tuban.

Pihaknya menyadari, jika vakumnya KNPI Cabang Tuban disebabkan karena adanya dualisme kepengurusan di tingkat pusat saat itu.

Sementara itu, Nashirul Umam, Ketua Domisioner KNPI Tuban periode sebelumnya menambahkan, mekanisme pemilihan KNPI Tuban nantinya adalah setiap Organisasi Kepemudaan (OKP) yang hadir memiliki masing-masing 1 hak suara.

“Hingga saat ini sedikitnya sudah ada 15 OKP yang hadir, dan proses verifikasi oleh panitia dan DPD KNPI Jatim terkait proses pencalonan dan hak suara,” timpal Gus Irul sapaan akrabnya.

Ia juga mengungkapkan, agenda Musda tersebut sesuai rencana akan digelar selama 2 hari, Jumat-Sabtu (28-29 Mei). “Jika malam ini belum selesai akan dilanjut besok, hingga pemilihan ketua terpilih periode 2021-2024,” tandasnya.

Ia juga berharap, siapapun nanti ketua yang terpilih, ia berpesan agar bisa menjalankan organisasi sebaik-baiknya dan bisa bersinergi dengan Pemkab ataupun stakeholder terkait.

“Pemuda harus tetap kritis, tapi juga harus bisa bersinergi,” cetusnya.

Untuk diketahui, masa periode kepengurusan KNPI adalah 4 tahun. Hingga berita ini ditulis nama Sutrisno Puji Utomo sebagai calon tunggal yang diusung dari belasan OKP yang hadir.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan pengurus DPD KNPI Jatim, M. Hasan Bisri. [CH/AM]