BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHA

PLN Nusantara Power Datangkan Ribuan Ton Biomassa Gunakan Kapal Tongkang

KIM Ronggolawe – PT PLN Nusantara Power Tanjung Awar-awar Tuban mendatangkan ribuan ton biomassa (serbuk kayu) menggunakan kapal tongkang.

Direktur Biomassa PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI), Antonius Aris Sudjatmiko mengatakan, penggunaan biomassa oleh PT PLN Nusantara Power sebenarnya sudah dilakukan, namun dalam pendistribusiannya biasanya menggunakan jalur darat.

“Ini pengiriman perdana di Indonesia menggunakan kapal tongkang,” klaimnya, Minggu (09/07) kemarin.

Masih kata dia, perjalanan menggunakan kapal tongkang ditempuh selama 5 hari dari Bulu Kumba, Sulawesi Selatan dan tiba di PT PLN Nusantara Power Tanjung Awar-awar Tuban.

“Ini yang datang 5.600 ton biomassa yang dikirim dengan kapal tongkang,” timpal Anton.

Ia menambahkan, pemanfaatan biomassa yang berasal dari limbah pengolahan kayu juga memberikan manfaat lebih pada masyarakat secara ekonomi. Barang yang sebelumnya merupakan limbah, kini dapat terserap sepenuhnya dengan program Co-Firing PLN.

Sebab menurutnya, PLN Nusantara Power akan menciptakan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat di sekitar PLTU maupun masyarakat di titik sumber biomassa.

Anton juga menjelaskan sepanjang semester I 2023, PT PLN EPI sudah memasok biomassa untuk seluruh pembangkit listrik di Indonesia sebesar 405.000 ton.

“Angka tersebut naik drastis dibanding periode yang sama, di tahun sebelumnya di mana hingga Juni 2022, capaian pasokan biomassa hanya sebanyak 255.270 ton,” tuturnya.

Pihaknya menargetkan, pada tahun ini total pasokan biomassa sedikitnya 1,08 juta ton untuk seluruh pembangkit listrik di Indonesia.

“Untuk itu, PLN EPI bertekad melakukan yang terbaik untuk mencapai target pasokan 2023,” timpal ia.

Sementara itu, di tempat yang sama Senior Manager PT PLN Nusantara Power Tuban Tanjung Awar-awar, Abdi Nafi, mengatakan bahwa dalam satu hari penggunaan batubara di PLN Nusantara Power Tuban mencapai 9.400an ton.

Diterangkan oleh dia, untuk penggunaan biomassa pada tahun 2023 di PT PLN Nusantara Power Tuban naik sebesar 1 sampai 2 persen dibandingkan tahun 2022.

“Pada tahun 2022 penggunaan biomassa hanya sebesar 0,6 persen dan diharapkan pada tahun 2030 bisa mencapai 10 persen,” target dia.

Untuk diketahui, sebagai nformasi tambahan bahwa kapasitas listrik PLN Nusantara Power Tanjung Awar-awar Tuban saat ini ada 2 unit, dengan masing-masing unit berkapasitas 2×350 megawatt. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button