BERITA KIM RONGGOLAWEOLAHRAGAPEMERINTAHANPENDIDIKAN

Mas Lindra Resmi Buka Gelaran Bupati Cup 2022

KIM Ronggolawe –  Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridsky, SE., membuka secara resmi gelaran Bupati Tuban Cup tahun 2022 tingkat pelajar SD/MI dan SMP/MTs, Sabtu malam (23/07) di Lapangan Desa Sumberarum Kecamatan Kerek. Pembukaan Bupati Tuban Cup dimeriahkan dengan pertunjukan parade devile kontingen tiap kecamatan, pencak silat, kembang api, dan pameran stan UMKM warga setempat. Event ini mampu menyedot perhatian masyarakat yang memadati Lapangan Desa Sumberarum.

Gelaran Bupati Tuban Cup 2022 yang dilaksanakan sejak 21 Juli–10 Agustus 2022 ini menyuguhkan pertandingan  cabang olaharaga Bola Voli, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur dan Atletik.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan penyelenggaraan Bupati Tuban Cup 2022 dilaksanakan di tingkat kecamatan yang diikuti kurang lebih 500 peserta. Pada pertandingan di tingkat kecamatan untuk mencari juara tiap cabor yang menjadi perwakilan kecamatan. Selanjutnya, para pemenang di tingkat kecamatan akan saling bertanding di tingkat kabupaten.

“Mereka akan bertanding memperebutkan title Juara Umum tiap cabor,” ungkapnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Mas Lindra menjelaskan kejuaraan Bupati Tuban Cup sebagai wadah menjaring potensi olahragawan hingga di tingkat desa. Mereka yang terpilih menjadi atlet ‘muda’ akan dipersiapkan dan mengikuti pembinaan guna meneruskan tongkat estafet atlet sebelumnya. Para atlet akan menjalani pembinaan intens sebelum bertanding pada kejuaraan di berbagai level pertandingan, mulai tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional.
Lebih lanjut, pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur tahun 2022, kontingen Kabupaten Tuban meraih 70 medali dengan rincian 16 emas, 21 perak, dan 33 perunggu dengan total poin 139. Prestasi ini meningkat dibandingkan Porprov VI Jatim tahun 2019, yaitu total 55 medali terdiri 10 emas, 14 perak, dan 31 perunggu dengan total poin 99.

“Raihan pada Porprov Jatim kemarin menjadi wujud pengkaderan dan kerja keras atlet-atlet, orang tua atlet, dan stakeholder terkait,” terangnya.

Bupati Halindra menyatakan Pemkab Tuban berkomitmen terus meningkatkan mutu gelaran Bupati Tuban Cup tiap tahunnya. Salah satunya meningkatkan partisipasi peserta dan jumlah pertandingan yang dihelat pada kejuaraan tingkat kabupaten ini.

“Rencananya, pertandingan olahraga mulai dari pelajar hingga kategori umum akan dilaksanakan untuk memeriahkan Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tuban pada November mendatang,” tutur Mas Lindra.

Bupati Tuban berpesan agar seluruh peserta dapat memaksimalkan potensi dan bakat olahraga yang dimiliki dengan berjuang memberikan hasil terbaik. Peserta juga ditekankan menjunjung tinggi sportifitas dan meningkatkan solidaritas antar atlet lintas cabang olahraga. “Kami juga sampaikan apresiasi kepada Kepala Desa beserta pemerintah desa dan seluruh pihak yang mendukung kesuksesan event ini. Ini wujud sinergitas dan kolaborasi lintas sectoral,” serunya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, Muhammad Emawan Putra menyebutkan pertandingan di tingkat kecamatan dilaksanakan mulai 21-31 Juli 2022. Sedangkan, pertandingan tingkat kabupaten akan dimulai 3-10 Agustus 2022.

Emawan Putra menambahkan kejuaraan Bupati Tuban Cup 2022 sebagai bentuk pengkaderan, pembinaan, dan pencarian bibit-bibit altet masa depan kabupaten Tuban. Pembinaan yang dilakukan sejak dini, berjenjang, dan sistematis diharapkan mampu mencetak atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama Kabupaten Tuban pada berbagai level kejuaraan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lindra   tampak menikmati pertandingan  bola voli. Hadir pula pada kegiatan ini, Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, Kepala Disbudporapar, Muhammad Emawan Putra, perwakilan Bank Jatim Cabang Tuban, pimpinan OPD, dan Forkopimka Kerek, Kepala Desa se Kecamatan Kerek, pegiat olaharaga di Kabupaten Tuban serta sejumlah undangan lainya [MCT/AM/HA]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button