BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

“War on Drugs” BNNK Tuban Gelar Sosialisasi di Temandang

KIM Ronggolawe – Sedikitnya 20 peserta yang terdiri dari Ibu dan anak usia remaja di Desa Temandang Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban, Rabu (13/07) mendapatkan penyuluhan Intervensi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban.

Kegiatan agenda tahunan dari BNNK Tuban tersebut menurut Kepala BNNK Tuban I made Arjana, SH,MH merupakan bagian dari rangkaian Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) yang tiap tahunya diselenggarakan di sejumlah desa di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari BNN Pusat yang tiap tahunya kita selenggarakan dan untuk tahun ini ada 3 desa yaitu Desa Sugihwaras, Desa Bogorejo dan Desa Temandang,” terang I Made.

Dalam kesempatan tersebut I Made juga menyatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mengedukasi dan memberikan pemahamnan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba.

“Kita berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan daya cegah, daya tanggap, berani lapor, berani tolak narkoba dan berani rehabilitasi kalau itu diterapkan itulah War on drug atau perang melawan narkoba,” sambung pria kelahiran Denpasar Bali itu.

Selain itu Kepala BNNK Tuban juga berharap kepada masyarakat untuk menjadi agen kepanjangan tangan dari BNNK Tuban di tenggah kehidupan bermasyarakat.

Masih di tempat yang sama Kepala Desa Temandang, Tinik,SE. Sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BNNK Tuban tersebut, menurutnya pengawasan anak saat ini memerlukan penanganan ekstra terutama dalam mengakses jejaring internet dan pengawasan dalam pergaulan, ia berharap jangan sampai generasi muda khususnya di desanya terjerumus dalam pergaulan bebas apalagi bersentuhan dengan narkoba.

” Kita berharap dengan kegiatan seperti ini dapat mengurangi kenakalan remaja, selain itu peran pengawasan orang tua sangatlah penting,” kata Tinik.

Tinik juga membeberkan bahwa guna menekan kenakalan remaja di desanya ia memberikan berbagai kegiatan untuk para pemuda desanya seperti kegiatan olahraga, keagamaan, serta kesenian. Dengan harapan dapat memberikan kesibukan bagi warganya sehingga tidak terjerumus dalam kenakalan remaja.

Selain dari BNNK Tuban kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber dari Universitas Mahadewa Indonesia, Dr. Rr. Dwi Umu Badriah, M.Pd. Kons, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Merakurak, Enny Seetyowati Muatakim, serta dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Tuban, Yulinda Hidayati, AMd. OT. [AM/HA]

 

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button