BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAKULINERPARIWISATAPEMERINTAHANPRODUK UNGGULAN

Hadiri Festival Kuliner Ndeso, Wabup Riyadi : Potensi Desa Harus Dikembangkan

KIM Ronggolawe – Puluhan pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  Kabupaten Tuban, Minggu (25/09) mengikuti Festival Kuliner Ndeso  di tempat wisata Pelang Desa Tahulu Kecamatan Merakurak. 

Berbagai olahan khas pedesaan seperti Garang Asem Pindang Gurame, Pepes Tongkol, dan Botok Jambu Monyet Nasi Jagung disajikan dalam kegiatan tersebut, selain itu Sawut/Sredek juga dihadirkan peserta dengan berbagai varian rasa, tak ketinggalan wedang Serai  dan es buah siwalan, dumbek, onde -onde khas Pelang serta berbagai olahan jajanan basah dan kering juga nampak memenuhi stand peserta yang berjajar di seputaran wisata Pelang.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, SH. itu menurut Pipit Wibawanto, selaku penyelenggara  bertujuan untuk kembali menggairahkan potensi wisata di Kabupaten Tuban terlebih pasca pandemi Covid -19.

”  Kami mempunyai misi untuk nguri -uri budaya, harapan kami kedepan acara ini sukses dan bisa berkelanjutan sehingga dapat memunculkan potensi-potensi asli daerah dan sekaligus dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar, “ujar wartawan MNCTV itu.

Sementara itu Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, mantan Kepala Desa Maibit Kecamatan Rengel itu mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bersinergi  dengan program Pemkab Tuban yaitu One Village One Product yang beberapa waktu lalu telah diluncurkan oleh Pemkab Tuban.

” Saya sangat setuju apa dengan kegiatan ini, Tuban ini ingin menciptakan motto One Village One Product, artinya apa setiap desa memiliki potensi desa yang tidak dimiliki oleh desa lain ini harus dikembangkan,  kemajuan Tuban itu tidak hanya dari kebijakan top up dari pemerintah pusat Kabupaten saja tapi juga ada komunikasi  dan dari desa juga berinovasi sehingga kemajuan kabupaten, sama-sama kita garap mulai dari tingkat desa dan dipatenkan, ” tegas Riyadi.

Selain itu Wabup Riyadi juga berharap agar pemberdayaan dapat terwujud dalam event tersebut sehingga kemajuan dan kesejahteraan warga sekitar benar-  benar bisa berjalan beriringan serentak dan bisa dirasakan di seluruh masyarakat.

“Saya berharap siapapun yang ada datang di sini merasakan kedamaiannya kita bersahabat welcome dan itulah inti dari kenikmatan dan Tuban memiliki ciri khas kuliner yang tidak dimiliki oleh daerah lain ini harus dikembangkan, ” pungkas Wabup.

Dalam kegiatan tersebut peserta yang masuk kandidat 3 besar disediakan 3 kompor sebagai peralatan memasak di tempat, sehingga peserta benar – benar dapat membuktikan di hadapan dewan juri keahlianya dalam memasak.

Selain Wakil Bupati Tuban, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh  Setiawan Prasetyo, Senior Manager Of Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, serta sejumlah undangan penting lainya. [AM/HA]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button