BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Puluhan Rumah di Rengel Disapu Puting Beliung,BPBD Ajak Semua Pihak Ulurkan Tangan

KIM Ronggolawe– Puluhan warga masyarakat dan beberapa aparat gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Tagana, dan Pemdes, Jumat (23/09) ikut membersihkan puing-puing rumah warga Tambakrejo dan Bulurejo, Rengel, Tuban yang diterjang puting beliung pada Kamis (22/09) Kemarin.

Berdasarkan data dari laporan BPBD Tuban, angin puting beliung yang disertai hujan deras kemarin sore terjadi sekitar pukul 16.30 itu telah menyebabkan porak-poranda puluhan rumah warga.

“Tidak ada korban jiwa, namun berdasarkan asesmen anggota di lapangan sedikitnya ada 21 rumah warga yang rusak, baik itu rusak parah, sedang dan ringan,” kata Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji saat dikonfirmasi, Jumat (23/09) sore.

Kejadian puting beliung tersebut, kata dia menerjang Dusun Tambak dan Dusun Klabak di Desa Tambakrejo, serta Dusun Semutan, Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

“Untuk rumah warga yang rusak, selain karena diterjang angin beliung juga disebabkan tertimpa pohon,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, untuk warga yang tertimpa musibah ini untuk bersabar dan BPBD akan membantu sesuai kapasitas yang bisa diberikan.

“Silakan jika ada yg ingin membantu warga yang tertimpa musibah, baik itu pihak swasta, komunitas, perusahaan dan sebagainya. Sebab saat ini warga membutuhkan uluran bantuan,” pinta mantan Kepala PRKP Tuban itu.

Sudarmaji menegaskan, sebagai upaya pemulihan pasca puting beliung ini, pihaknya telah mengerahkan 11 personel di lapangan.

“Personel BPBD akan stanby hingga beberapa hari ke depan hingga tuntas,” tegasnya.

Sementara itu, anggota Tagana Tuban, Eka Iswati menambahkan, sedikitnya 20 anggota Tagana Tuban turut ambil bagian pada kegiatan pembersihan dan perbaikan di rumah-rumah warga yang rusak ringan.

“Ini merupakan tugas Tagana untuk hadir saat ada warga masyarakat yang tertimpa musibah bencana,” ungkap Srikandi Tagana Tuban itu. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button