BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Seorang Relawan Damkar Asal Rengel Terima Penghargaan dari Bupati

KIM Ronggolawe – Pada saat kegiatan peresmian Pos Satpol PP dan Pemadam Kebakaran di Kecamatan Singgahan, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky memberikan penghargaan kepada salah satu relawan aktif dalam berbagai kegiatan sosial termasuk di antaranya di damkar.

Sosok tersebut adalah Suyono (45) warga RT 001 RW 03 Dusun butoh, Desa Kebonagung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, yang telah mengabdikan diri lebih dari 10 tahun dalam kegiatan kebencanaan atau sosial.

Dari keterangan Suyono, ia sangat berterima kasih kepada Bupati Tuban Mas Lindra atas apresiasi yang diberikan kepadanya.

Ia mengaku, penghargaan itu seharusnya bukan hanya untuk dirinya. Sebab diakuinya relawan di Kabupaten Tuban sangat banyak.

“Seharusnya penghargaan ini bukan hanya untuk saya, banyak relawan yang peduli terhadap bencana,” ucapnya merendah, Selasa (01/11).

Pria yang aktif di Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban berharap, juga ada penghargaan serupa untuk relawan lain, misal relawan Tagana, Damkar dan sejenisnya.

“Banyak relawan di Tuban yang perlu diberi penghargaan, seperti relawan Tagana, Sekber, relawan keagamaan. Sebab mereka juga ikut serta dalam momen jika ada bencana,” usul Mbah Yon sapaannya.

Sementara itu, Koordinator Tagana Kabupaten Tuban, Zainuri ikut bangga dan mengapresiasi anggotanya yang telah mendapat penghargaan tersebut.

“Ini adalah bentuk teladan dan menjadi penyemangat bagi rekan-rekan sesama Tagana,” tuturnya.

Ia menceritakan, sosok Suyono atau yang biasa disapa Mbah Yon ini sangat berperan aktif dalam kegiatan kebencanaan, baik itu di Kabupaten Tuban maupun di luar daerah.

“Dia memberikan kontribusi yang luar biasa, pernah saat covid ikut penanggulangan saat PSBB di Surabaya, Gresik bertugas di dapur umum,” ceritanya.

Bukan hanya itu, Zainuri menambahkan Mbah Yon juga aktif saat ada bencana gunung Semeru meletus beberapa waktu lalu.

“Kalau kegiatan di Kabupaten Tuban, kita sudah tidak meragukan lagi perannya. Setiap ada waktu ia akan hadir mengabdikan diri untuk masyarakat,” timpal Zainuri.

Diusianya yang sudah tidak muda, Mbah Yon selalu menyempatkan diri dalam penanggulangan bencana, baik itu di pra, saat dan pascabencana.

“Dia juga aktif diberbagai kegiatan sosial, seperti penghijauan, baksos bersih pantai, sungai di Tuban maupun luar Tuban, yang bencana alam maupun non alam,” tambahnya.

Ia berharap, penghargaan ini bisa jadi support untuk Tagana agar bisa menjadi lebih baik lagi dan membawa nama baik Kabupaten Tuban. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button