BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

Semen Indonesia Komitmen Lestarikan Alam Melalui Gerakan Tanam Pohon

KIM Ronggolawe – Dalam operasionalnya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengedepankan semangat tumbuh berkembang bersama masyarakat. Hal itu juga selaras dengan kelestarian lingkungan dengan diwujudkan melalui Pilar SI (Semen Indonesia) Lestari.

Pilar ini merupakan salah satu inisiatif strategis perusahaan guna memfokuskan aksi-aksi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pada ranah pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Untuk itu pada awal tahun 2020 ini SI Lestari mengawali kegiatan secara simbolis melakukan penanaman pohon produktif di bantaran sungai di Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Dengan menyasar sungai yang ditanami dengan tanaman produktif tersebut adalah sepanjang kurang lebih 3.800 meter yang meliputi Desa Tuwiri Wetan, Desa Tuwiri Kulon, dan Desa Senori Kecamatan Merakurak.

“Kegiatan ini muncul karena adanya potensi lahan pasif di bantaran (sepanjang) sungai tersebut belum dimanfatkan secara optimal,” terang, Direktur Keuangan Semen Gresik, Muhammad Supriyadi, saat acara penanaman pohon produktif, di lapangan Desa Sambonggede, Merakurak, Rabu (05/02).

Di sisi lain, lanjut Supriyadi mengatakan, sungai ini memiliki aliran air yang cukup stabil di sepanjang musim. Melihat kondisi ini, maka peluang penanaman pohon produktif seperti Kelengkeng, Alpukat dan Durian sangat terbuka. Dengan penanaman pohon produktif di bantaran sungai ini diharapkan selain dapat menanggulangi abrasi juga memiliki nilai ekonomis tersendiri.

“Kami juga berharap kepada masyarakat untuk turut serta menjaga dan merawat pohon yang telah kita tanam bersama-sama ini. Nantinya, tanaman ini jika berbuah juga dapat dimanfaatkan sendiri oleh masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, aktivitas ini diikuti lebih kurang sebanyak 300 orang yang tergabung dalam klub-klub binaan Semen Indonesia dan pelajar di sekolah yang berada di Kecamatan Merakurak. Sejumlah 5 sekolah yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu SDN Sambonggede I, SDN Tuwiri Kulon I, SDN Tuwiri Wetan I, SDN Senori I dan SMPN 1 Merakurak yang masing-masing mengikutsertakan 10 siswa dan 1 guru pendamping.

Kegiatan ini digagas sebagai upaya untuk mengkampanyekan pentingnya menanam pohon dan cinta lingkungan pada anak usia sekolah. Hal ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari misi perusahaan untuk terus berkontribusi dalam peningkatkan kualitas kesehatan, lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

”Selain itu juga sebagai komitmen antar pemangku kepentingan untuk bekerjasama dalam pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” pungkasnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut jajaran Kepala Desa, Forkopimka Merakurak, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban, dan Dinas PRKP Kabupaten Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button