BERITA KIM RONGGOLAWEHIBURAN

Kartar BPE Tuban Selenggarakan Lomba Lato-lato

 

KIM Ronggolawe  – Permainan lato-lato yang saat ini sedang viral ternyata dimanfaatkan oleh Karang Taruna (Kartar) Perum Bumi Permata Estate (BPE) Desa Sumurgung, Kecamatan/ Kabupaten Tuban. Terbukti, para pengurus kartar telah sukses menyelenggarakan lomba lato-lato di Lapangan Perum setempat, pada Minggu (15/01)

Dalam lomba tersebut diikuti tiga jenjang kategori usia. Mulai kelompok play group hingga Taman Kanak-kanak (TK). Dilanjutkan tingkat SD/ MI mulai kelas 1 hingga 3 dan terkahir diikuti kelas 4 sampai kelas 6.

Terkait penjurian setiap kategori peserta dilombakan dalam babak penyisihan. Melalui tahap itu kemudian panitia menentukan peserta yang menuju final.

Pada tahap final tersebut para peserta tak hanya memainkan lato-lato secara biasa. Akan tetapi, mereka dituntut memainkan lato-lato sesuai kreativitas yang dimiliki setiap peserta. Bagi peserta yang memiliki durasi bermain paling lama dan penuh kreativitas, maka dinyatakan sebagai pemenang. Selanjutnya, untuk penentuan juara umum diambil dari pemenang dari masing-masing kategori.

Ketua Kartar Perum BPE, Agus Wahyudi menyampaikan, kegiatan ini diikuti sekitar 50 peserta yang berasal dari warga sekitar. Anak-anak diajak lomba lato-lato dengan tujuan menciptakan kerukunan antar generasi muda di lingkungan perum BPE. Selain itu, mereka dibuatkan lomba agar saling mengenal satu sama lain.

“Di lingkungan BPE ada 4 RT, dibuatkan acara seperti ini agar mereka saling kenal dan semakin rukun,” terang Yudi sapaan akrabnya.

Lanjutnya, Yudi tak menyangka lomba lato-lato mendapatkan dukungan yang luar biasa dari orang tua. Karena selama kegiatan berlangsung para orang tua juga turut menyaksikan. Diharapkan dengan lomba seperti ini menjadikan BPE guyub rukun dan adem ayem.

“Alhamdulillah berjalan lancar, untuk peserta pemenang juara 1, 2 dan 3 mendapatkan uang pembinaan, lato-lato serta bingkisan. Kemudian, untuk peserta yang juara umum diberikan trofi dan uang pembinaan tambahan,” beber aktivis Stand Up Comedy tersebut.

Sementara itu, Ketua RW X Perum BPE Desa Sumurgung, Kecamatan/ Kabupaten Tuban, Bambang Agus Wandi memberikan, apresiasi yang luar biasa kepada karang taruna dan seluruh warga BPE. Ia berharap, kegiatan-kegiatan positif seperti ini terus berlanjut.

Selain itu, meminta pada pengurus kartar agar tak berhenti berinovasi. Pasalnya, generasi muda BPE harus kreatif dan saling mendukung setiap kegiatan yang ada.

“Kegiatan ini sungguh luar biasa, meskipun sederhana tetapi bisa menciptakan kerukunan antar warga. Terutama, menjalin kerukunan antar generasi muda di lingkungan perum BPE,” tutur Bambang yang juga peternak Burung Murai itu. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button