BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

Melalui CSR Semen Indonesia GhoPO Tuban Desa Gaji Wujudkan Program Pemberdayaan Masyarakat

KIM Ronggolawe – Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GhoPO Tuban  bersama Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Maju Sejahtera Desa Gaji Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, Selasa (24/01) menggelar  serah terima program CSR tahun 2022 dan evaluasi  5 tahun kinerja FMK serta sosialisasi  evaluasi  tata kelola CSR tahun 2023.

Supriyanto selaku koordinator FMK Maju Sejahtera dalam laporanya menyatakan  jika dalam kurun waktu tahun 2017 -2022 terdapat beberapa pengajuan program yang telah direalisasikan oleh pihak Semen Indonesia, seperti infrastruktur, pemberdayaan, peningkatan kapasitas, serta karitatif.

Dalam keteranganya Supriyanto juga menambahkan jika dalam 5 tahun terakhir  ini pihaknya fokus terhadap pemberdayaan seperti, ternak ayam petelur, dan agrowisata tanaman produktif.

” Melalui LPMD program pemberdayaan ayam petelur yang mulai dirintis tahun 2017 lalu hingga saat ini masih berjalan dan kedepannya kita akan terus kembangkan, “kata Supriyanto.

Sementara itu Senior Community Development Officer  SIG GhoPO Tuban, Siswanto menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya evaluasi tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana program yang didanai seutuhnya oleh perusahaan milik BUMN tersebut berjalan serta  sebagai bentuk transparansi dan tanggung jawab pihak perusahaan terhadap masyarakat.

”  Kita berharap dengan adanya program evaluasi ini  masyarakat dapat memberikan masukan  atau saran sebagai pertimbangan perbaikan program – program selanjutnya,” kata Siswanto.

Masih di tempat yang sama Siswandi selaku perwakilan dari Pemerintah Desa setempat menyampaikan rasa terima kasih  serta berharap agar pihak perusahaan dapat meningkatkan nilai dan program -program yang bermanfaat bagi warga.

” Terima kasih kami sampaikan ke PT Semen Indonesia, program sudah berjalan dengan baik dan sesuai harapan masyarakat, kedepan semoga semakin ditingkatkan nilai dan program-programnya sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” tutup pria yang menjabat sebagai Kepala Dusun Karang Binangun Desa Gaji itu.

Sekedar diketahui untuk proporsi pengalokasian CSR tersebut terbagi menjadi 5 bagian yakni Pemberdayaan Masyarakat minimal sebesar 50 persen, Peningkatan Kapasitas kurang lebih 20 persen, Infrastruktur maksimal 20 persen dan Karitatif  10 persen.

Sedangkan dari data yang berhasil media ini himpun, sejak tahun 2017-2022 FMK Maju Sejahtera Desa Gaji telah merealisasikan 7 program Pemberdayaan atau 72 persen, Peningkatan Kapasitas 1 program atau 5 persen, Infrastruktur 2 program atau  22 persen dan Karitatif 1 program atau 1 persen, dengan jumlah jangkauan penerima manfaat sebanyak 80 orang.  [AM/HA]

 

Related Articles

Back to top button