BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

Komitmen Budaya K3 Antar SBI Raih Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur

 

 

KIM Ronggolawe – Dalam sebuah industri, kecelakaan kerja merupakan suatu hal yang sangat dihindari. Karena itu, seluruh pekerja memiliki peran untuk menjaga diri masing-masing dan mengingatkan rekan kerjanya agar saat bekerja harus selalu berada dalam kondisi yang sehat dan selamat.

Berkomitmen dalam menjalankan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai prioritas utama dalam seluruh aktivitasnya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban kembali dianugerahi Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja (Zero Accident Award) untuk yang kesembilan kalinya dari Gubernur Provinsi Jawa Timur. Penghargaan ini diberikan atas capaian 5.863.554 jam selamat terhitung dari tanggal 1 November 2011 hingga 31 Oktober 2022 tanpa fatalitas sejak dimulainya operasional pabrik di Tuban.

Aries Budi Djajarianto, General Manager SBI Pabrik Tuban menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Tuban atas penghargaan dan dukungan yang terus diberikan kepada SBI. “Hal ini merupakan kebanggaan yang patut kita syukuri, mengingat 5.863.554 jam kerja selamat bukanlah hal yang mudah. Penghargaan ini merupakan apresiasi atas kerja keras seluruh tim di lapangan yang terus konsisten menjadikan K3 sebagai prioritas utama baik di dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari,” ungkap Aries.

Menurut Aries, kunci dari keselamatan kerja adalah kepedulian terhadap diri sendiri dan rekan kerja di sekitarnya. Di SBI, kepedulian tersebut diwujudkan melalui berbagai tindakan antara lain dengan melakukan identifikasi bahaya di sekitar sebelum melakukan pekerjaan, saling mengingatkan jika ada tindakan tidak aman maupun kondisi tidak aman yang terjadi. Selain itu, SBI juga menerapkan sistem pelaporan dan beragam program untuk meningkatkan kepedulian karyawan maupun kontraktor akan pentingnya keselamatan kerja.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh komponen yang ada di SBI, untuk bersama-sama memperkuat komitmen melakukan upaya-upaya konkret terhadap pelaksanaan K3. Sehingga, budaya K3 benar-benar terwujud di setiap area kerja dalam lingkup SBI Pabrik Tuban”, pungkas Aries. [*/AM]

 

Related Articles

Back to top button