BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Peringatan HPN PWI Tuban, Mas Lindra Puji Peran Pers Sangat Penting Dalam Pembangunan Daerah

KIM Ronggolawe – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) kabupaten Tuban di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (15/03).

Hadir pada kegiatan ini Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim, Forkopimda Tuban, pimpinan Perbankan, akademisi, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan terima kasih atas dukungan PWI Jatim dan Kabupaten Tuban terhadap pembangunan Kabupaten Tuban. Menurutnya, kerja jurnalis menjadi sudut pandang lain dari pemerintah dalam rangka pembangunan di Kabupaten Tuban.

“Pers tidak hanya mitra pemerintah, tapi saudara dalam pembangunan daerah,” ungkapnya.

Mas Lindra mengungkapkan pers diharapkan turut serta mengedukasi masyarakat mengenai program pembangunan di kabupaten Tuban. Tidak hanya itu, menjadi pengawas dan koreksi atas pelaksanaan program pembangunan daerah. Hal tersebut sejalan dengan konsep pembangunan di Kabupaten Tuban yang mengedepankan prinsip kolaboratif.

Bupati Tuban memberikan apresiasi terhadap penyelenggaran perlombaan jurnalistik yang diselenggarakan PWI Kabupaten Tuban. Menurutnya, pengkaderan di bidang jurnalistik menjadi upaya pendidikan karakter untuk mengajarkan bagaimana menyampaikan kritik dengan cara sopan dan sesuai regulasi. Karya jurnalistik tidak lagi bersifat kritik personal, tapi bersifat kritik konstruktif. Karya jurnalistik berkontribusi dalam upaya percepatan pembangunan.

“Saya berharap karya jurnalistik yang dilombakan dapat dibukukan dan dibagikan ke Pemkab Tuban,” terangnya.

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim menyampaikan pujian atas capaian pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tuban yang menyentuh poin 8,88 persen. Keberhasilan tersebut diyakini berkat kerjasama lintas sektoral yang dinahkodai Bupati Tuban.

Sejalan dengan capaian tersebut, Lufil Hakim meminta jurnalis harus turut serta berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Salah satunya, insan pers harus mampu mendukung pengembangan UMKM di Kabupaten Tuban. Tidak hanya menjalankan tugas jurnalistik, tapi juga mampu memberi masukan terhadap pengembangan UMKM.

“Jadikan peringatan Hari Pers Nasional sebagai momen refresh, menyadarkan diri untuk menjadi jurnalis yang profesional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tuban, Suwandi menyebutkan PWI Tuban berkomitmen mengawal jalannya program pembangunan di Kabupaten Tuban. Dukungan tersebut diwujudkan menyampaikan kritik dan saran sesuai dengan kaidah jurnalistik dan bersifat membangun.

Pada peringatan HPN tahun 2023, perlombaan di bidang jurnalistik dibagi menjadi 3 kategori yaitu penulisan artikel kategori umum, penulisan artikel kategori lembaga dan perusahaan, dan fotografi jurnalistik untuk pelajar.

Suwandi mengatakan perlombaan tersebut diselenggarakan meningkatkan minat dan literasi masyarakat. Sehingga, mampu mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat Kabupaten Tuban. [*/AM]

Related Articles

Back to top button