BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

Bersama Wabup, Bupati Lindra Berangkatkan 1.217 CJH

KIM Ronggolawe – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., bersama Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., dan Forkopimda Tuban serta Kepala Kantor Kemenag Tuban memberangkatkan 890 calon jamaah haji Kabupaten Tuban, Selasa (30/05).

Bertempat di halaman kantor Pemkab Tuban, pemberangkatan CJH kloter 18 dan 19 ini disaksikan keluarga pengantar yang memadati Jalan Kartini dan Alun-alun Tuban. Selain kedua kloter tersebut, pada tanggal 2 Juni mendatang rencananya sebanyak 327 CJH kloter 24 juga akan diberangkatkan.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan CJH harus benar-benar menjaga kondisi tubuh. Mengingat kondisi cuaca saat ibadah haji berbeda dengan di Indonesia. Suhu yang mencapai 40 derajat Celsius di Mekkah dan Madinah harus diantisipasi. “Harus memperbanyak minum air dan mengonsumi vitamin bila diperlukan,” ungkapnya.

Mas Lindra berpesan agar CJH asal Kabupaten Tuban saling menjaga. CJH yang berusia lanjut hendaknya mendapat perhatian lebih dari petugas medis, panitia pendamping, maupun CJH lainnya. Pemkab Tuban dan Kemenag Tuban telah berkoordinasi untuk melakukan pemantauan kepada CJH, utamanya mereka yang berusia lanjut.

Bupati Tuban menitipkan doa kepada seluruh CJH untuk mendoakan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Tuban. “Kami berdoa para CJH dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat, serta menjadi haji mabrur mabruroh,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Dr. Drs. MUNIR, M.Hum., menyebutkan total CJH asal Kabupaten Tuban berjumlah 1.217 orang. Mereka akan berangkat terbagi dalam 3 kloter yaitu kloter 18, 19, dan 24. “Dari jumlah tersebut 30 persen diantaranya berusia lanjut dan mendapatkan pengawasan lebih intens,” katanya.

Adapun CJH tertua atas nama Muntamah binti Ismail asal desa Rawasan Kecamatan Jenu yang berusia 95 tahun. Sedangkan CJH termuda atas nama Mohammad Asalin Aza berusia 20 asal desa Sambonggede Kecamatan Merakurak.

Sebelum diberangkatkan, lanjut Munir, seluruh CJH telah mengikuti manasik haji yang diselenggarakan di tingkat kecamatan dan manasik massal tingkat kabupaten beberapa waktu lalu. Selain diberikan pengetahuan perihal ibadah, CJH juga diberikan pemahaman mengenai kondisi alam di Makkah dan Madinah. [MCT/AM]

Related Articles

Back to top button