BERITA KIM RONGGOLAWEOLAHRAGA

Jaring Atlet Catur Tingkat SLTP-SLTA, KKGO Gandeng Percasi Gelar Popda Piala Bupati Tuban

KIM Ronggolawe – Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) SLTP-SLTA bersama Percasi menyelenggarakan kejuaraan catur Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat SLTP-SLTA se-Kabupaten Tuban Piala Bupati ke XVIII, di aula SMKN 1 Tuban, Rabu (01/11).

Ketua KKGO SLTP-SLTA, Adi Sudigdo mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kejuaraan yang diselenggarakan KKGO dalam rangka proyeksi seleksi atlet Popda Jatim 2024.

“Ini juga bertepatan menyambut Hari Jadi Tuban ke-730 dan Piala Bupati ke-XVIII,” ujarnya usai membuka kegiatan.

Adi Sudigdo menerangkan, kegiatan KKGO sementara ada 11 cabang olahraga. Dan hari ini adalah catur yang diikuti 61 pelajar SLTA dan 82 pelajar SLTP.

“Bukan hanya sekolah negeri, sekolah swasta juga terkover, seperti MTs dan Aliyah juga,” beber guru SMAN 1 Kerek.

Adapun tujuan kegiatan ini, ia katakan untuk mengukur hasil latihan ekstrakulikuler yang ada di sekolah masing-masing. Kemudian untuk mencari bibit atlet Percasi.

“Sehingga ke depan Percasi bisa mengambil bibit atlet dari hasil pertandingan yang diselenggarakan KKGO,” timpal Adi.

Ke depan, dari hasil kejuaraan yang diselenggarakan hari ini dan besok akan diambil juara 1, 2 dan 3. Sehingga, ke depannya hasil dari pemenang bisa dibina oleh Percasi untuk Popda atau Porprov.

Sementara itu, Ketua Percasi Tuban, Suwandi menegaskan, kejuaraan catur ini sangat membantu Percasi dalam penjaringan atlet-atlet yang memiliki potensi.

“Sekilas tadi saya lihat, ternyata ada beberapa anak yang memiliki potensi bagus, bahkan tadi ada salah satu peserta yang mampu mengalahkan peserta lainnya yang sudah biasa mengikuti turnamen hingga ke luar Tuban,” beber pria yang juga ketua PWI Tuban.

Artinya, dari situ menurutnya masih banyak bakat atlet catur yang selama ini belum terlihat potensinya. Ke depan, harapannya kegiatan seperti ini juga diadakan tingkat kecamatan, agar terlihat potensi yang di bawah. [*/AM]

Related Articles

Back to top button