BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Sambang ke KPU, Mappilu PWI Tuban Dorong Keterlibatan Pemilih Pemula

KIM Ronggolawe – Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk memaksimalkan keterlibatan pemilih pemula dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang.

Dorongan tersebut disampaikan jajaran Pengurus Mappilu PWI Kabupaten Tuban saat bersilaturrahim dengan Ketua KPU, Fathul Ihsan di ruang kerjanya, pada Rabu (01/11). Jajaran pengurus yang hadir diantaranya, Ketua PWI Kabupaten Tuban, Suwandi sebagai penanggung jawab. Kemudian, didampingi Sekretaris Mappilu PWI Tuban, Nur Aminin beserta pengurus pemantau lainnya.

Sekretaris Mappilu PWI Tuban, Nur Aminin menyatakan, pihaknya hadir di KPU selain untuk silaturahim juga mendorong pemilih pemula atau yang disebut pemilih milenial ini bisa ikut serta dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang. Tentu pemilih pemula ini harus digarap betul mengingat banyak para anak muda yang masih apatis terhadap dunia politik.

“Dengan adanya Mappilu PWI Kabupaten Tuban ini tentu diharapkan memberikan warna baru dalam proses terselenggaranya proses demokrasi,” harap Nur Aminin yang juga Sekretaris PWI Kabupaten Tuban itu.

Selanjutnya, Mappilu PWI berharap kepada seluruh komponen yang terlibat dalam penyelenggara pemilu bisa melakukan sesuai tugas pokok dan fungsinya. Sehingga, yang menjadi harapan bersama kegiatan pemilu bisa berjalan jujur dan adil. Selain itu, bisa menjadikan proses demokrasi yang lebih tentram dan lebih kondusif.

“Dan kami jelaskan pula, bahwa pemilih pemula harus ikut untuk terlibat aktif dalam prosesnya demokrasi,” tutur pria kelahiran Montong ini.

Menanggapi Hal tersebut, Ketua KPU Tuban, Fathul Ikhsan menyampaikan, KPU Tuban selama ini telah melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada pemilih pemula. Terutama sosialisasi ke sekolah, kampus hingga pondok pesantren.

“Selama ini kami sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula,” terangnya.

Menurutnya, selain melakukan sosialisasi, KPU juga sering diundang oleh beberapa sekolah di Kabupaten Tuban untuk memberikan materi pada saat pemilihan OSIS.

Dalam hal ini, KPU Tuban menyambut baik kedatangan Mappilu ini. Menurutnya tahapan Pemilu ini tidak lepas dari peran media. Karena peran media sangat penting dalam hal sosialisasi.

“Oleh karena itu kami berharap semoga kedepannya Mappilu PWI dan KPU Tuban saling melengkapi,” pungkasnya.[*/AM]

Related Articles

Back to top button