BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHA

Penutupan Bulan K3 Nasional, SIG Pabrik Tuban Gelar Safety Challenge

KIM RonggolawePada momentum penutupan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban menggelar Safety Challenge 2024 SIG Group. Di puncak kegiatan yang digelar di Tuban ini diikuti seluruh Operating  Company (OpCo) SIG, yakni SIG Pabrik Tuban, Semen Padang, Semen Tonasa, Semen Gresik, SBI, Semen Baturaja serta Supplay Chain Infrastructure Management.

Manager of Tuban Safety SIG Pabrik Tuban, Jatmiko, mengatakan bahwa kegiatan Safety Challenge yang diikuti oleh OpCo SIG ada beberapa tantangan, yakni penyelamatan korban di ketinggian, kerjasama menyelesaikan puzzle di area ketinggian, pemadaman api kecil menggunakan karung, dan pemadaman api besar dengan mobil pemadaman kebakaran.

“Pada Challenge ini setiap OpCo mengeluarkan satu tim yang terdiri dari 6 orang. Dan yang kita nilai pada challenge ini terkait pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dan keselamatan, semangat, kerjasama, kekompakan tim. Selain itu, waktu, teknik dan ketepatan penyelesaian juga menjadi penilaian kami,” terang Jatmiko.

Menurutnya, tujuan dari safety challenge ini adalah untuk menyemarakan peringatan bulan K3 nasional 2024 di lingkungan SIG. Selain itu, juga dapat sebagai sarana sharing knowledge guna meningkatkan pemahaman dalam menanggapi keadaan darurat.

“Safety Challenge ini juga sekaligus memupuk jiwa solidaritas dan kekompakan antar OpCo SIG, juga menambah wawasan untuk mencegah dan meminimalisir kerugian yang lebih besar saat terjadi keadaan darurat,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur SDM & Umum SIG, Agung Wiharto, mengatakan bahwa berbagai kegiatan dilakukan SIG dalam memperingati bulan K3, ada seminar, webwinar, safety challenge, dan berbagai kegiatan lainnya. “Hal tersebut dilakukan tidak lain untuk meningkatkan kualitas mindset dan kesadaran kita dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja,” ungkapnya.

Menurutnya, program K3 itu merupakan program kasih sayang. Karena program tersebut menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap diri sendiri, teman, dan keluarga. “Bentuk kasih sayang terhadap diri kita sendiri seperti kita melaksanakan aturan yang berlaku agar kita selamat mulai berangkat kerja hingga pulang. Kita selamat dalam bekerja itu juga bentuk kasih sayang terhadap keluarga,” ungkapnya.

Terpisah, Lugito perwakilan peserta Safety Challenge dari Supplay Chain Infrastructure Management mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat besar manfaatnya bagi dirinya. Banyak ilmu dan pengetahuan baru yang didapat pada kegiatan Safety Challenge 2024 SIG Group ini. “Saya ini tidak memiliki background K3, sehingga dengan mengikuti kegiatan ini sangat besar manfaatnya bagi saya,” ujarnya.

Diketahui, pada kegiatan Safety Challenge 2024 SIG Group juara pertama diraih oleh SIG Pabrik Tuban, juara dua diraih oleh Semen Padang, dan juara tiga diraih oleh Semen Batu Raja. [*/AM]

Related Articles

Back to top button