Pemkab Launching “SI LAWE” Maskot Porprov VI Jatim 2019 di Tuban

KIM Ronggolawe – 99 hari jelang bergulirnya event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019, Pemerintah Kabupaten Tuban bersama KONI Tuban menggelar launching maskot SI LAWE di alon-alon Tuban, Jumat (29/03).

Acara launching yang diawali dengan senam bersama ratusan peserta bersama Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan jajaran Forkopinda ini menandai bahwa Tuban Bumi Wali telah siap menyambut Porprov dan mensukseskannya serta siap menjadi tuan rumah.

H. Fathul Huda, Bupati Tuban dalam keterangannya usai launching maskot menyampaikan, pihaknya mensyukuri bahwa Kabupaten Tuban dipercaya menjadi salah satu tuan rumah Porprov. Maka sebagai bentuk syukurnya diharapkan Tuban menjadi tuan rumah yang baik.

“Bisa menghormati tamu dengan keramahan, dan juga dengan sopan santun. Kami juga berharap dengan menjadi tuan rumah prestasinya juga bisa unggul, jangan sampai menjadi tuan rumah malah prestasi olahraga kita menjadi underdog,” tutur bupati.

Bupati juga menegaskan, gelaran Porprov ini nantinya semua masyarakat agar bisa mengambil manfaat, pihaknya ingin produksi-produksi dari tuban seperti batik, kuliner, atau buah-buahan dari Tuban bisa dikenalkan sebagai produk unggulan.

Terkait target, sebagi tuan rumah bupati menekankan minimum 10 besar, jangan sampai diatas 10 besar. Pihaknya juga mengaku telah memfasilitasi para atlet dengan sarana yang memadai.

“Saya berharap semua ikut berpartisipasi mensukseskan Porprov VI Jatim ini, termasuk peran rekan-rekan wartawan agar menyuarakan dan memberitakan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuh bupati dua periode ini.

Sementara itu, Mirza Ali Mansyur ketua KONI Tuban menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tuban yang telah launching SI LAWE sebagai maskot Tuban dalam gelaran Porprov VI Jatim 6 – 13 Juli 2019 mendatang.

“Kami berharap setelah launching ini sosialisasi terus berjalan secara masif agar masyarakat mengetahui,” harap Mas Aming sapaan akrabnya.

Terkait kesiapannya, pihaknya mengaku saat ini juga masih melakukan pembinaan atlet berupa Puslatkab yang sudah berlangsung selama 2 tahun, ini dalam rangka pembinaan atlet mempersiapkan Porprov 2019 ini.

“Kita hari ini terus konsentrasi menghadapi Porprov demi memenuhi target 10 besar, semua pelatih, atlet dan pengurus Cabor terus fokus membina 400 atlet masing-masing demi meraih prestasi maksimal,” terang pria yang juga pengusaha ini.

Adapun target KONI, pihaknya berharap semua cabor minimal mendapat 3 poin, karena sistem penilaian Porprov ini menggunakan hitungan poin, yaitu 1 medali emas 4 poin, 1 perak 2 poin, 1 perunggu 1 poin. Dan untuk menentukan peringkat juga dihitung menggunakan akumulasi poin. “Kontingen Tuban menargetkan mendapat 150 poin dan masuk 10 besar,” targetnya.

Tentang pilihan maskot SI LAWE, Mas Aming mengaku maskot tersebut sebagai simbol semangat Ronggolawe yang termasuk salah satu ikon pahlawan di Kabupaten Tuban. [CH/AM]