BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHA

SIG Pamerkan Produk-produk Inovatif dan Prestasi Bidang Pengelolaan Tambang

 

KIM Ronggolawe – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban turut berpartisipasi dalam Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jatim 2021 di Exhibition Hall Grand City, Surabaya, 18-20 November 2021. Kegiatan yang merupakan rangkaian Hari Jadi ke-76 Provinsi Jatim ini dibuka oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

SIG yang menempati booth Dinas ESDM Jatim memamerkan sejumlah produk inovatif yang ramah lingkungan, antara lain Mortar Indonesia dalam lima varian, beton porous yang mampu menyerap air, serta empat produk semen yang sudah dikenal masyarakat yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Dynamix yang merupakan produk dari PT SBI.

GM of Corporate Communication Semen Indonesia, Fardhi Sjahrul Ade menjelaskan, dalam kegiatan ini Semen Indonesia menampilkan produk-produk maupun layanan yang berkontribusi bagi pembangunan nasional. Diantara produk itu ada yang terbilang baru sehingga melalui ajang pameran ini masyarakat dapat lebih memahaminya, tuturnya.

Pameran ini sangat strategis karena dihadiri gubernur, bupati/walikota se-Jatim, dinas-dinas terkait serta masyarakat umum. Karena itu, selain produk-produk inovatif, SIG juga menampilkan hasil karya UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan. Sebut saja batik gedog yang merupakan warisan sejarah masyarakat Kabupaten Tuban, selain itu juga ada industri tas dan sepatu kulit.

“Ini menjadi bukti bahwa SIG tidak hanya concern terhadap profit, namun juga planet yg dalam hal ini adalah pelestarian lingkungan dan peduli terhadap UMKM serta pelestarian budaya, sambungnya.

Fardhi menambahkan, selama ini masyarakat umum (di luar Kabupaten Tuban) mungkin belum tahu banyak tentang program-program CSR yang telah dijalankan perusahaan. Terutama program pengelolaan lahan tambang tanah liat maupun batu kapur. Misalnya lahan bekas tambang tanah liat di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Tuban, yang disulap menjadi kawasan Ecopark Kambang Semi. Kawasan ini merupakan sentra perkebunan, peternakan dan perikanan yang memberi manfaat eknonomis bagi petani green belt di sekitar wilayah perusahaan di Tuban.

“Lahan menjadi hijau dan dapat memberikan tambahan penghasilan bagi petani di sekitar perusahaan, ujarnya.

Di samping itu, imbuh Fardhi, SIG juga sukses mengelola lahan bekas tambang batu kapur dengan teknik reklamasi sistem alur. Alhasil lahan yang tadinya gersang berubah menjadi hutan jati yang hijau dan subur. Praktik penambangan ramah lingkungan yang dilakukan SIG di Tuban menghasilkan sejumlah penghargaan tingkat nasional maupun Asia. Sebut saja Penghargaan Subroto 2021 Bidang Inovasi Aspek Teknik dan Lingkungan untuk Kaidah Penambangan yang Baik dari Kementerian ESDM. [AM/HA]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button