BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Berangkatkan Balik Mudik Gratis Ke Jakarta, Kapolres: Untuk Memfasilitasi Warga Tuban

 

KIM Ronggolawe– Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya didampingi DLHP Tuban memberangkatkan balik mudik gratis 175 peserta dengan 3 armada bus tujuan terminal Kampung Rambutan Jakarta dari garasi PO Cumi-Cumi Widengan, Gedongombo, Semanding, Tuban, Jumat (28/04) pagi.

Dalam keterangannya, Kapolres mengatakan program ini untuk memfasilitasi warga Tuban yang saat ini pulang mudik ke Tuban untuk balik ke Jakarta.

“Harapannya dengan adanya balik mudik gratis ini bisa menjaga keselamatan para pemudik dan mengurangi kepadatan maupun kemacetan arus lalulintas di jalan,” harap mantan Kapolres Sumenep ini.

AKBP Rahman juga berharap semoga kegiatan balik mudik gratis ini tidak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja, tapi juga dapat dilaksanakan pada tahun mendatang.

Guna memperlancar balik mudik ini, pihaknya juga berupaya memberikan fasilitas cek kesehatan bagi sopir dan kondektur bus.

“Untuk memastikan sopir yang membawa pemudik ini memang dalam kondisi sehat. Hasilnya, dari tim medis memastikan sopir dalam kondisi sehat dan layak mengemudikan kendaraan ke Jakarta,” tegasnya.

Sebab, dari pengakuannya untuk jarak tempuh perjalanan dari Tuban menuju Jakarta kurang lebih 13 jam perjalanan dalam kondisi perjalanan lancar.

Bukan hanya itu, selain memberikan fasilitas balik mudik gratis, jajarannya juga memberikan snack dan minum gratis secukupnya selama perjalanan.

“Saat ini arus balik dari Tuban menuju Jakarta cukup aman, kondusif dan lancar. Sebab puncak arus baliknya 24-25 April kemarin lusa,” timpal AKBP Rahman.

Sementara itu, salah satu peserta balik mudik gratis, Lusianto Edi menyatakan dirinya bersama keluarga mengetahui program ini dari informasi grup whatsapp sesama pemudik.

“Info awal dari program balik mudik gratis Polres Malang, kemudian konfirmasi ke Polres Tuban ternyata ada program serupa,” ungkapnya.

Dikatakan oleh pria asli Bektiharjo, Semanding itu, pada balik mudik ini ia bersama seorang istri dan 3 anak balitanya.

“Alhamdulillah dapat 5 kursi, jadi anak-anak dapat tempat duduk sendiri,” ungkap pria yang bekerja di Bekasi sejak 2008 itu.

Kesannya, ia mengaku program ini sangat membantu dirinya dan keluarga dalam balik mudik. Sebab, tidak semua orang bisa mudik gratis.

“Apalagi seperti kami 5 orang, dari Tuban ke Jakarta beli tiketnya di atas Rp 3 juta kalau lebaran,” akunya.

Jadi dipastikan oleh dia, program balik mudik gratis dari Polres Tuban ini sangat membantu masyarakat Tuban.

Dari data terbaru, jumlah peserta balik mudik gratis ini semula 177 peserta, namun ada 2 peserta yang konfirmasi mengundurkan diri karena sakit, sehingga yang ikut berangkat adalah 175 peserta. [CH/AM[

Related Articles

Back to top button