BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPENDIDIKANPERISTIWA

Bupati Tuban Resmikan Rusun Unirow

KIM Ronggolawe – Universitas PGRI ROnggolawe (Unirow) Tuban, resmi memiliki rumah susun bagi mahasiswa. Penandatanganan prasasti peresmian pembangunan, pengunaan dan pemanfaatan tersebut dilakukan oleh Bupati Tuban dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah VII Jawa Timur, hari ini, Selasa (23/07) di kampus setempat.

Acara yang bertepatan dengan hari anak nasional tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE, Kepala Balai P2P Jawa IV Ditjen Perumahan yang diwakili oleh Kepala seksi II Balai pelaksanaan Penyediaan Perumahan jawa IV Dirjen perumahan Sita Dewi Astari, S.T., M.T. Komandan Kodim 0811 Tuban, Kepala Kejaksaan Kabupaten Tuban, Kepala Dinas PUPR PRKP Kabupaten Tuban, Ketua PPLPT PGRI Tuban, Pengawas, Pejabat Struktural, Dosen dan mahasiswa.

Dalam acara tersebut, Rektor Unirow Tuban Dr. Warli. M.Pd, menyampaikan, terealisasikannya rumah susun mahasiswa tersebut merupakan hasil kerja keras dari tahun 2018. Namum setelah mengalami proses penantian panjang, baru pada tahun 2023 Unirow akhirnya mendapatkan Hibah perumahan Mahasiswa dari kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“tahun 2018 kami sudah ajukan ternyata Unirow ditakdirkan baru bisa di tahun 2023” ucap Rektor Unirow.

Perlu diketahui bersama, adanya Rumah Susun bagi mahasiswa ini merupakan syarat bagi Unirow untuk bisa membuka prodi Pendidikan Profesi Guru. Sebab salah satu syaratnya untuk dapat mendirikan Prodi PPG adalah adanya dokumen berasrama. “Kenapa ada rusun, salah satu syarat pembukaan prodi PPG adalah adanya dokumen berasrama” tegasnya.

Di kesempatan yang sama kepala LLDIKTI Wilayah VII dengan tegas menyampaikan. Adanya penambahan fasilitas sarana prasarana berupa rumah susun bagi mahasiswa juga harus diimbangi dengan peningkatan Index Kinerja Utama Unirow Tuban. “sarpras adalah modal strategis bagi PT, semoga nanti Unirow bisa menunjukan IKU” tegasnya.

Disamping itu, Mas Bupati dalam peresmian tersebut menghimbau kepada Unirow untuk bisa menjaga amanah. “ini menjadi trobosan dari teman-teman Unirow. Jaga kepercayaan manfaat sebaik mungkin. Unirow ini semoga semakin berkibar” ungkap Bupati Tuban

Tidak lupa, Bupati Tuban juga berpesan kepada mahasiswa yang turut hadir untuk terus mau belajar dan menikmati proses. Beliau juga menambahkan mahasiswa harus mempunyai ambisi untuk terus melangkah maju. “anak muda harus punya ambisi, jangan seperti air yang mengalir begitu saja”, ungkap Bupati Muda tersebut.

Bagi Ma Bupati, sebagai mahasiswa harus berperan aktif dalam kehidupan berorganisasi. Ketika mahasiswa masuk organisasi dan mereka di berikan kepercayaan ini akan menjadi rekam jejak positif bagi mereka. “Ketika mahasiswa masuk organisasi di universitas, bisa jadi rejeki anda dari situ”

Pata tahun 2023 lalu, Unirow telah mempunyai 240 mahasiswa program PPG. 50 % diantaranya berasal dari luar Jawa. Dari Tuban dan Bojonegoro 40 %. Sehingga kehadiran Rusunawa sendiri akan mempermudah mahasiswa PPG, yang semula daring sekarang bisa secara luring.

Untuk sementara rusunawa akan diprioritaskan bagi mahasiswa tidak mampu, mahasiswa berdomisili di luar Tuban dan mahasiswa PPG. [*/AM]

Related Articles

Back to top button