BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHA

Masuk 6 Besar Lomba Video Kreatif Tingkat Jawa Timur, Karangagung Tonjolkan Potensi Hasil Laut

 

 

KIM Ronggolawe – Desa Karangagung, Kecamatan Palang berhasil masuk nominasi 6 besar lomba video kreatif usaha ekonomi perdesaan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur 2023.

Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto dalam keterangannya mengatakan, hari ini tim penilai dari provinsi melakukan kunjungan lapang di Desa Karangagung.

Karya video kreatif yang digarap oleh warga desanya itu, merupakan salah satu dari 36 peserta se- Jawa Timur yang saat ini telah memasuki penilaian 6 besar.

“Tim penilai lapang ini tujuannya memastikan bahwa video kreatif yang dilombakan merupakan benar-benar karya warga setempat,” ujar Aji, Jumat (23/06).

Selain itu, sambung dia tim penilai juga ingin memastikan bahwa yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan karya yang dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.

“Mulai dari talent, UMKM yang ada, kondisi alam, potensi, tim pembuat video dipastikan bahwa itu warga dari Desa Karangagung,” timpal kades muda itu.

Dikatakan oleh dia, kategori lomba ini meliputi video ekonomi kreatif, wisata atau budaya desa, termasuk yang terbanyak like, komentar dan share di media sosial dari video yang dilombakan.

“Yang kita ikutkan lomba video sesuai kultur dan karakter warga kita mengambil potensi usaha ekonomi kreatif dengan menampilkan hasil tangkapan nelayan tangkap,” kata dia.

Aji menandaskan, hasil tangkapan nelayan tangkap itu diolah menjadi produk-produk unggulan yang dipasarkan di pusat oleh-eleh yang dikelola oleh BUMDes.

“Selain itu, juga menampilkan hasil tangkap nelayan diolah menjadi trasi, rajungan dalam kemasan yang sudah masuk pasar internasional,” sambungnya.

Ia sampaikan, dalam pembuatan video yang dilombakan itu, tim video kreatif terdiri dari 7 orang yang merupakan pemuda pilihan asli desa setempat.

Pihaknya berharap, adanya penilaian kunjungan lapang ini dapat memberikan semangat tersendiri bagi pemuda desa khususnya tim video kreatif.

“Dan semoga ini bisa menambah wawasan dan menjadi evaluasi untuk berbenah lebih baik,” harap dia.

Aji berpesan, agar tim tetap melakukan kerja-kerja inovatif guna membantu perekonomian masyarakat melalui media sosial agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Lomba ini juga mengenalkan bahwa Karangagung memiliki identitas sebagai kampung pesisir dengan hasil lautnya yang luar biasa,” pungkasnya.

Berikut adalah link video kreatif yang dilombakan pada tingkat Jawa Timur https://youtu.be/F7px16PBYnw hasil karya pemuda Desa Karangagung, Kecamatan Palang.[CH/AM]

Related Articles

Back to top button